Agama lain

PANDUAN ALIRAN DAN ORGANISASI AGAMA-AGAMA LAIN DI INDONESIA
(KHONGHUCU; JAINISME; TAOISME; YAHUDI; SIKHISME; BAHA'I; TEOSOFI)

KHONGHUCU
Khonghucu, atau Konfusianisme (bahasa Tionghoa: Ru Jiao, atau Kong Jiao), adalah agama yang didirikan oleh filsuf (menurut imannya nabi terakhir) Tionghoa kuno Kong Hu Cu (KongziKonfusius) (551-479 SM). Beliau berkhotbah gagasan kesempurnaan moral oleh kinerja tugas untuk rakyat, berikut Tao nya sesuai dengan status mereka, misalnya hubungan antara orang tua dan anak dll. Dia tidak mengajarkan tentang akhirat dan Tian (Sorga), tapi terus perintah agama tradisional. Tentang Sorga nanti mengajar Zhu Xi dan guru-guru Konghucu baru lain. Alkitab agama ini adalah Lun Yu (Analek) sebagai catatan ucapan Kong Hu Cu yang adalah bagian dari Kitab Suci yang Empat (Si Shu) dan juga Kitab Suci yang Lima (Wu Jing). Selama Kekaisaran Han di Th 136 SM Konghucu menjadi agama negara Tiongkok. Kemudian mereka mulai mendirikan kuil-kuil Kong Hu Cu - Kong Miao (di Indonesia disebut Boyen Bio, yang tertua di Surabaya - Boen Bio (1883) dan di Cirebon (Khongcu Bio) dan kuil-kuil agama yang lebih biasa Litang. Konghucu bukan sinkretis adalah ajaran yang tidak mencampur antara Khonghucu dan agama-agama lain (Buddha dll). Untuk jemaat Konghucu ini dipakai model gereja negara Eropa (teori oleh Kang Youwei (1858-1927). Gereja Konghucu (Kongjiao hui 孔 教会) didirikan pada Th 1912 di Tiongkok. Murid Kang, Dr. Chen Huanzhang, dirikan organisasi serupa yaitu Akademi Konghucu di Hong Kong pada Th 1930.
 Di Indonesia Konghucu mengakui bagian dari orang Tionghoa-Indonesia, sering menggabungkan dengan agama-agama lain. Migrasi dari Tiongkok ke Indonesia mulai pada abad ke-15: semula masuk para pedagang dari suku Hui yang muslim, kemudian suku-suku Hokkien, Hakka, Kantonis (Konghu) dan Hainan. Pada Th 1918 diresmikan Khong Kauw Hwee (Kong Jiao Hui 孔教會) di Surakarta. Di UU No 1 tahun 1965 Konghucu termasuklah ke enam agama resmi. Tapi pada Th 1978 Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan bahwa ada lima agama, tanpa Konghucu. Dari Th 1998 Konghucu adalah salah satu agama resmi dan hari raya Konghucu Tahun Baru Imlek menjadi hari raya Indonesia. Karena selama larangan agama ini, banyak orang Konghucu dipaksa untuk disimpan di bawah agama-agama lain, sekarang secara resmi total populasi negara itu hanya 0,05% Konghucu. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ 印尼孔教總會 Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN)
■ Generasi Muda Khonghucu Indonesia (GEMAKU) (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

HUT Kongzi, Solo (www.antarafoto.com)

Boen Bio, kuil Konghucu (1883), Surabaya (www.wikimedia.org)

Kelenteng Kong Miao (2010), Jakarta

Kelenteng Pak Kik Bio (1951), Surabaya (www.wikimedia,org)

Zong Hu ada logo MATAKIN (www.wikimedia.org)


JAINISME
Jainisme (Jain) adalah agama India Purba yang memisahkan diri dari Hindu sekira bersamaan dengan agama Buddha dan layaknya membantah dogmat kepada Brahman yang Pencipta. Pendirinya ialah seorang kesatria yang disebut Jina Mahawira (599-527 SM) (Jina berarti Pemenang), nama aslinya Vardhamana. Mengikut keyakinan ini, Beliau yang akhir dari 24 Tirthankar (pencipta tambangan, yakni tambangan sampai moksa), dan yang terdahulu pernah menjadi raja prasejarah Rishabha. Siapa pun bisa mendapat status Jina pula. Kitab Suci merupakan sejumlah Agama-Sutra. Tri Ratna Jain: keyakinan kepada Jina Mahawira, pengertian ajarannya dan kelakuan yang benar. Menurut ajaran Jain, jalan ke Nirwana serta Moksa dibuka untuk kaum pertapa saja yang mengikut aturan yang sangat ketat: di aliran Jain Swetambara boleh berpakaian, tapi di aliran Jain Digambara mereka talanjang bulat. Dan umat non-kebiaraan melaksanakan gaya hidup vegetaris yang mungkin paling ketat, yaini: dilarang non-menyaring minuman, pengolahan tanah, jalan pada malam, dsb. Di India umat Jain bertempat tinggal  terutama di negara bagian Maharastra. Di Indonesia ada jemaah kecil di antara komunitas orang India-Indonesia. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ Jain Social Group Indonesia (JSG Indonesia) (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Jain (www.jsgindonesia.org)

TAOISME
Taoisme atau agama Tao (bahasa Tionghoa Daojiao) adalah sesuatu agama Tiongkok Purba. Pendiri agama legendaris adalah kaisar yang pertama Huangdi (abad 27-26 SM), menurut legenda, bangkit kembali dari kematian, pencipta sajak kecil Daois yang bernama Huangdi Yinfujing. Pendiri-pendiri ajaran Daois yang lebih bersejarah ialah salah satu Sang Tiga, nabi Laozi atau Taiqing Laojun (abad 6-5 SM, sekira satu zaman dengan Kong Hu Cu), pencatat historis dan pustakawan negeri yang menulis Kitab Suci kecil Daode Jing, serta filsuf Zhuang Zhou atau Zhuangzi (359-286 SM) yang menulis kitab yang tujuannya sama nama dengan namanya sendiri Zhuangzi. Kanon Suci Daois sempurna (Daozang) berisi 1488 karya (1120 jd). Agama ini mengutamakan gagasan Dao (berarti Jalan), jalan alam semesta yang tidak berbentuk, yaitu Tuhan yang Maha Esa (Daode Tianzun). Dao melahirkan Satu (De atau Mahakuasa), Satu melahirkan Dua (Yin dan Yang atau awal feminin dan pria), Dua melahirkan Tiga (Sanqing atau Sang Tiga Kemurnian), Tiga meletakkan dasar segala sesuatu. Panteon Daois berisi banyak dewa-dewi dari kepercayaan tradisional Tionghoa, seumpama Pangi yang Pencipta dan manusia pertama dan Dewi Barat Xi Wangmu. Untuk pengikut Adi Dao (kaum taoyu) diperlukan Ziran (sifat alami diri) dan U-wei (non aktivitas), yaitu gaya hidup tapa. Orang kudus mampu dapat Xian, abadi dalam tubuh halus dan kasar juga. Untuk menuju keabadian dipakai antara lain: alkemis (obat keabadian), qigong (pelatihan pernapasan), tai ci (sejenis silat), teknik seksual dan gaya vegetarian.
 Saat ini, ada dua aliran Taoisme utama. Bagian Selatan dinamai Zengyi Dao (berarti Keesaan yang Benar) dari mazhab Tianshi Dao (Para Master Surgawi), aliran tertua yang didirikan oleh pertapa Zhang Daoling (34-156 M). Praktiknya berfokus upacara kuil dan menolak mempersembahkan hewan dan makanan. Umatnya dipimpin Master Surga pusaka yang bertempat di Taiwan (pusat asli di Gunung Longhu, Tiongkok). Yang Utara dinamai Longmen (berarti Gerbang Dragon) dari mazhab Quanzhen (Laluan Kesempurnaan dan Kebenaran) yang didirikan oleh Wang Chongyang (1113-1170), orientasinya ialah hidup kebiaraan serta meditasi, dibentuk dalam Ikatan Taoisme Tiongkok yang berpusat di Beijing. Di Indonesia Taoisme masuk beserta orang Tionghoa Selatan, sebab itu, umat Taois mengikuti terutama aliran pertama, Taoisme Zengyi, tetapi masih belum diakui pemerintah sebagai agama. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ Paguyuban Umat Tao Indonesia (PUTI) (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Upacara Tao di Boen Tek Bio, Banyumas (www.siutao.com)

Upacara Tao di Bandung (www.taoindonesia.info)

Kelenteng Gunung Timur (Heng Hua Bio) (1962), Medan (www.wikimedia.org)


YAHUDI
Yahudiah atau Keyahudian (Yudaisme) adalah agama monoteis kuno orang Yahudi (menurut Halakha, hukum Yahudi, orang lain yang masuk agama ini menjadi bagian bangsa Yahudi). Agama Yahudi modern kembali ke zaman nabi Musa (abad ke-14 SM), ketika, menurutnya, Allah menyelamatkan orang Yahudi dari penindasan di Mesir dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia. Tatkala itu, dasar agama, Sepuluh Perintah Allah, diturunkan kepada Musa di Gunung Sinai oleh Tuhan, khususnya perintah: "Jangan membuat patung yang menyerupai apapun yang ada...". Kemudian semua wahyu tertulis pernah dicatat dalam Kitab Suci Ibrani, Tanakh atau Mikra (yatim Perjanjian Lama Kristen) yang terdiri dari 24 pewartaan yang dihimpun dari tiga kumpulan: Taurat (Hukum), Nabi-nabi dan Tulisan. Dasarnya ialah bakti kepada keesaan Allah (nama-nama di bahasa Ibrani adalah Yahweh, Eloah, Adonai, dll), antara lain perayaan Hari Sabtu, sunat dan larangan daging babi. Pada sejarah kuno masyarakat Yahudi punya Bait Allah di Yerusalem dengan praktik pengorbanan, setelah dihancurkannya oleh kekaisaran Roma dan keluaran kaum Yahudi ke negara-negara lain (zaman Yahudi Rabinik), ibadah keagamaan berpusat di sinagoga-sinagoga (kanisah) dan telah ditulis tradisi serta tafsir lisan dari para rabi (imam) dalam buku Talmud. Ajaran Yahudi memberikan banyak manfaat bagi doktrin Kristen serta Islam. Aliran-aliran agama utama adalah Yahudi Ortodoks (Litvak, Hasidut, Sefardim Haredi, Zionisme keagamaan, dll), Konsevatif dan Reformasi, selain itu ada pada posisi minoritas dua kelompok yang mengakui Kitab Suci Ibrani atau Taurat saja tanpa Talmud (Yahudi Karait serta Samaria). Mayoritas mutlak kaum Yahudi tinggal di Israel, AS serta Kanada.
 Di Indonesia orang Yahudi subsuku Sefardim pertama masuk pada abad ke-17 dari Portugal dan Spanyol di wilayah Nusantara Timur. Pada abad ke-19 beberapa keluarga Yahudi dari Belanda, German dan India tinggal di Jakarta, Semarang (subsuku Yahudi Ashkenasim) dan Surabaya (subsuku Sefardim dan Mizrahi Baghdadi). Pada zaman Belanda jumlah orang Yahudi mencapai sekira dua ribu orang, kemudian tertinggal kira-kira 450 orang. Saat ini, ada hanya dua sinagoga: di Surabaya (dibuka pada Th 1948, tapi ditutup pada Th 2009 oleh muslim radikal) dan di Tondano, Sulawesi Utara (sejak Th 2004, beraliran Ortodoks, cenderung gerakan Hasidut dari Chabad-Labavitch). Agama Yahudi tidak diakui resmi Pemerintah sebagai agama. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ The United Indonesian Jewish Community-Gabungan Masyarakat Yahudi dan Turunan Ibrani Indonesia (UIJC) (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Beith Shalom (1948), Surabaya (www.jewishvirtuallibrary.org)

Sinagoga O'hel Yaakov, Tondano (www.dailymail.co.uk)

Di Sinagoga Ohel Yaakov, Tondano (www.jewishtimesasia.org)

Simbol Yahudi Kandil (Menorah), Manado (www.nytimes.com)


SIKHISME
Sikhisme (Sikh) merupakan agama monoteis cenderung pada panteisme yang bereksistensi sejak awal abad ke-16 di India, salah satu aliran dari gerakan Bhakti Utara, Sant Mat (Jalan orang Kudus). Pendirinya ialah Guru Nanak Dev (1469-1539) dari daerah Punjab di India (Sikh dalam bahasa Punjabi berarti murid). Beliau mengelaborasi gagasan dari gerakan Bhakti Hindu berupa bakti kepada Allah yang tanpa rupa (Nirgun atau Nirankar), ke dalam kitab suci Sikh yang disebut Guru Granth Sahib masuk bukan hanya nyanyian pujian oleh kelima guru Sikh pertama, tetapi juga dari sejumlah guru pengubah Hindu (Namdev, Ramananda, Kabir, Surdas, Ravidas, dll) serta sufi Muslim Baba Farid. Nama Allah untuk meditasi yang "Naam". Guru Nanak menolak upacara, kebiaraan (pernikahan wajib dan perceraian dilaran), diskriminasi berdasar ras, agama, kasta dan jenis kelamin (kaum wanita boleh menjadi imam). Dalam setiap gurdwara (kuil) ada langar, y.i. makanan umum gratis bagi siapa saja. Setelah wafat Nanak, umat (khalsa) dipimpin para Guru baru, semua mereka menjadi jelmaan "cahaya Ilahi", mereka antarnya membuat militerisasi umat, mendirikan Negara Sikh mandiri dan tarekat militer Akali Dal buat pembelaan diri. Guru ke-10 Gobind Singh telah bubar jabatannya dan memproklamasikan kitab suci sebagai Guru abadi mereka ("Guru adalah Kata"). Semua pria Sikh punya nama belakang "Singh" dan wanita "Kaur". Kaum ini tidak memotong rambutnya, tapi memakai sorban (kecuali mazhab Sahajdhari dalam ummah Sikh). Dan saat ini sebagian besar umat Sikh tinggal di Punjab, di mana dalam kota Amritsar berada gurdwara utama disebut Kuil Emas, tapi banyak pula di antara suku Punjab dalam komunitas India di Britania, AS, Asia Tenggara. Selain ummah Sikh utama (halsa) ada beberapa sekte: agama Ravidassia (pengikut pra-Sikh Guru Ravidas (sekitar 1450-1520); dan juga tiga kelompok Sanatan Sikh, y.i. Udasi (sekelompok non-monoteis kebiaraan yang didirikan oleh putra guru Nanak, Baba Sri Cand (1494-1629); Namdhari alias Kuka (dua pendirinya Balak Singh (1797-1862) serta Baba Ram Singh (1816-1885) dan Nirankari (pendiri Baba Dayal Singh Ji dari Agra (1783-1855) yang merupakan gerakan reformasi dan percaya kepada Guru yang hidup. Migrasi kaum Sikh ke Indonesia mulai sejak Th 1870-an (kaum menjaga serta pedagang). Aada beberapa gurdwara dan sekolah di Sumatra dan Jawa, khususnya Gurdwara Shree Guru Arjun Dev Ji di Medan (1911) dan Tanjung Priok Gurdwara (1925) dan Gurdwara Pasar Baru (1954) di Jakarta. Karena perundangan RI tentang enam agama saja, secara formal, Sikh merupakan aliran dalam agama Hindu. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ Majelis Tinggi Agama Sikh Indonesia (Matasi) 
■ Dewan Gurdwara Sikh Indonesia 
 Guru Nanak Sikh Temple (Tanjung Priok Gurdwara) 
■ Yayasan Sikh Gurdwara Mission
■ Yayasan Sosial Guru Nanak
■ Yayasan Radhasoami Satsang Beas (RSSB) Indonesia (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Tanjung Priok Gurdwara (1999) (www.gurdwara-tgpriok.com)

Gurdwara Shree Guru Arjun Dev Ji Medan (1953) (www.sikhmatrimonials.com)

Jemaat Sikh (www.gurdwara-tgpriok.com)

Zal nikah di Tanjung Priok Gurdwara (www.gurdwara-tgpriok.com)


BAHA'I
Iman Baha'i adalah salah satu agama baru yang muncul pada abad ke-19 di Persia. Orientasi tiga silanya ialah universalitas: keesaan Tuhan, kesatuan Agama dan persatuan umat manusia (termasuk keperluan bahasa persatuan, persamaan hak kaum wanita dan pria dan Order Dunia Baru). Menurut ajarannya, Tuhan memanifestasikan diri di dunia sebagai para Pendidik Ilahi, umpamanya, Kresna, Buddha, Musa, Yesus dan Muhammad. Pada Th 1844 Sayyid 'Ali Muhammad dari Shiraz menyatakan diri Sang Bab (artinya Gerbang), Mahdi dan Imam Syiah ke-12 yang datang membuka jalan untuk misi lebih besar yang Tuhan wujudkan; Beliau dan banyak sekali sahabatnya pernah dieksekusi. Pada Th 1863 salah satu sahabatnya pertama, bangsawan Mirza Husayn 'Ali Nuri (1817-1892) menyatakan diri Baha'u'llah (Kemuliaan Allah), yaitu manifestasi Tuhan baru (wafatnya di Lembaga Akka, Palestina). Karya-karyanya adalah kitab suci agama, antar lain: Kitab-i-Aqdas (Kitab Tersuci), Kitab-i-Ikan (Kitab Keyakinan) dan Tujuh Lembah. Pada khususnya, banyak sekali pengikut agama ini tinggal di India, Iran, AS dan Guyana. Masuk ke Indonesia sekitar Th 1878 dengan dua pedagang dari Persia dan Kesultanan Utsmaniyah. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
■ Masyarakat Baha'i Indonesia (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)


TEOSOFI
Teosofi: Persatuan Warga Theosofi Indonesia (PERWATHIN) atau Masyarakat Teosofi di Indonesia adalah cabang dari organisasi parareligius berwibawa internasional "The Theosophical Society - Adyar" yang didirikan pada 1875 di New York oleh mistikus Rusia-Amerika Helen Blavatsky (1831-1891) beserta dua sahabat Beliau, sejak 1882 pusatnya di Adyar (Tamilnad, India) (pada 1895 memisahkan diri dari Masyarakat Amerika yang berpusat di Pasadina, Kalifornia); tujuannya ialah pencarian dasar tunggal atas semua agama, tapi cenderung kepada ajaran Arya (Buddha, Hindu dan Zoroastrinisme), begini para dedengkot utama telah masuk agama Buddha dan buat sumbangan besar pada kebangkitannya di India serta Asia Tenggara, doktrin sendiri berisi gagasan Freemasonry dan Spiritisme Eropa dan pada khususnya ajaran India terhadap Prinsip-Absolut impersonal serta dua permulaannya (Roh-Purusa dan Materi-Prakriti), evolusi umat manusia digambarkan dengan pergantian 7 ras; di Indonesia Kongres Theosofi di Bandung pertama pada 1909 (kebanyakan orang Belanda), Masyarakat nasional -Nederlandsch Indische Theosofische Vereeniging (NITV) didaftarkan pada 1912 (nanti Perhimpunan Theosofi Tjabang Indonesia, PTTI), tapi dilarang pada masa Presiden Sukarno, didaftar resmi kembali pada 1963 sebagai PERWATHIN, pusat di Desa Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Logo Masyarakat Teosofi
Lebih terperinci bisa lihat dalam pustaka: Popov, Igor. Buku rujukan semua aliran dan perkumpulan agama di Indonesia. Singaraja, 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar