Kristen

PANDUAN ALIRAN DAN ORGANISASI KRISTEN DI INDONESIA

Agama Kekristenan muncul dalam lingkungan Yahudi pada abad pertama Masehi dan menjadi agama dunia. Penyabdanya, Yesus Kristus (Isa Almasiah), mengajar hidup secara baru serta pemahaman agama lebih rohaniyah. Kitab Suci, Alkitab adalah warisan dari agama Yahudi Perjanjian Lama dan pewartaan mereka sendiri Perjanjian Baru. Hampir semua umat Kristen mengaku Syahadat Iman Nicea th. 325 M tentang Allah yang Tritunggal dalam tiga pribadi: Sang Bapa, Sang Putra dan Roh Ul Kudus. Menurut mayoritas Kristen, Putra Allah, Yesus Kristus menjadi manusia, yakni memiliki dua kodrat dalam satu pribadi: Ilahi dan manusiawi, dan telah disalibkan bagi keselamatan kemanusiaan yang dirusak pada dosa asal dan akan kedatangan yang kedua kali pada hari-hari terakhir. Kristen dibagi menjadi banyak gereja dengan teologi mereka sendiri, aliran utama ialah Katolikisme, Ortodoksi dan Protestanisme. Warga Kristen merupakan kebanyakaan di benua Eropa, Amerika dan Australia.
 Ada bukti bahwa di Nusantara, di Sumatera Utara, komunitas Kristiani sudah ada di abad ke-7 yang cabang Gereja Asiria dari Timur, y.i. gereja beraliran Nestorian. Saat ini, di Indonesia, agama Kristen adalah agama terbesar kedua (sekitar 10% dari penduduk) dan mendominasi di wilayah timur di Kepulauan Maluku Selatan, Flores, Sumba, Timor, Nugini dan beberapa wilayah Sulawesi serta Kalimantan, dan sebagian di wilayah barat di sekitar Sumatera Utara (Nias, Mentawai, tanah Batak). (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
.
Permandian selam (www.bethanysalatiga.or.id)

KRISTEN PROTESTAN

Protestanisme (atau Masehi) muncul di Eropa sebagai gerakan reformasi Kristiani yang anti-Katolik: penolakan hidup membiara, pemujaan berhala ikon serta patung, penyembahan orang-orang kudus dan tradisi gereja. Tujuannya adalah kembalinya cita-cita Kristen awal. Guru dan kelompok terpisah pra-Reformasi, semisal umat Waldensis dan Gereja Moravia, pernah di masa lalu, tapi gerakan luas Reformasi dimulai pada abad ke-16, ketika pada th. 1517 seorang biarawan Jerman, Martin Luther (1483-1546) mengkritik kesalahan yang dibuat oleh Katolik. Umat Protestan percaya bahwa Alkitab saja yang memiliki otoritas suci, dan tidak ada teks-teks keagamaan lainnya. Keimamatan universal, yaitu setiap orang Kristen berhak untuk menafsirkan Alkitab dan mengajarkan, imamat ternyata tidak dengan pewarisan apostolik formal dari rasul-rasul, tetapi dari atas. Keselamatan yang dapat melalui iman pribadi kepada Kristus, bukan melalui gereja dan orang-orang kudus. Protestan dibagi menjadi banyak gereja dan pusat mandiri.
 Di Indonesia, aliran Protestan pertama dipengaruhi para misionaris Belanda pada abad ke-17, kemudian dari negara-negara lain. Saat ini, umat Protestan yang mayoritas di kepulauan Ambon serta Maluku Selatan, Sumba, Timur Timur, Nugini, Nias, Mentawai, dan beberapa suku-suku Batak di Sumatera Utara, Minahasa di Sulawesi Utara, Toraja di Sulawesi Selatan dan beberapa suku-suku Dayak di Kalimantan Utara dan Tengah, serta banyak di wilayah-wilayah lain. Jumlah keseluruhan Protestan Indonesia sekitar 7% dari penduduknya. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Gereja Reformed Immanuel (1839), Jakarta (www.wikimedia.org)

Gereja Reformed Sion (tertua 1695), Jakarta, tertua di Indonesia (www.wikimedia.org)

Orang Ambon di gereja Protestan, Th 1943 (www.wikimedia.org)

Peta persebaran umat Kristen Protestan di Indonesia (www.wikipedia.org)

PANDUAN ALIRAN DAN ORGANISASI KRISTEN PROTESTAN DI INDONESIA: 

Antardenominasi: Itu gerakan Kristiani ekumene, yaitu organisasi yang dirancang untuk menyatupadukan gereja-gereja yang berbeda.
- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) (pgi.or.id) adalah kumpulan gereja-gereja Protestan yang didirikan pada 1950, termasuk lebih dari 90 anggota, PGI ialah anggota Dewan Gereja-gereja se-Dunia (DGD) (World Council of Churches (WCC) dan Dewan Gereja-gereja Asia (Christian Conference of Asia (CCA);
- Persekutuan Gereja-gerega dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) (pglii.org) adalah kumpulan 81 gereja-gereja Injili, Pentakosta, dll, didirikan pada 1971, mengikuti World Evangelical Alliance;
- Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) (pgti.co.id) berdiri pada 1998 yang berpusat di Jakarta, beranggotakan 3 gereja;
- Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) (alkitab.or.id) adalah kelompok nondenomenasional buat terjemahan kitab suci, anggota United Bible Societes, didirikan pada 1954 di Jakarta, tapi ialah waris dari Lembaga Alkitab Jawa (cabang dari Lembaga Alkitab Inggris) yang didirikan pada 1814, sejak 1816 bernama Lembaga Alkitab Hindia-Belanda; telah dibuat terjemahan lengkap ke 17 bahasa lokal (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Logo PGI

Lutheranisme: Bentuk pertama Protestan berasal dari German, yang didirikan oleh Martin Luther dan Andreas Karlstadt. Ini diakui tradisi gereja, jika tidak bertentangan dengan Alkitab. Oleh karena itu, Gereja Lutheran menggunakan tulis-tulis para Bapa Gereja kuno, disimpan sistem episkopal dan sakramen-sakramen dan unsur-unsur liturgi Katolik, musik organ dan gambar-gambar. Tetapi pada abad ke-19 mulai menjadi ordo-ordo membiara Lutheran bagai Katolik. Asosiasi internasional adalah Federasi Lutheran se-Dunia (Lutheran World Federation). Wilayah Indonesia menembus aliran Lutheran pada abad ke-19 oleh misi Jerman Rheinische Missionsgesselschaft (RMG) (dinamai Zending Barmen) di Sumatera Utara (Batakmission), Nias, Mentawai, Enggano dan Kalimantan, di mana dibangun rumah-rumah sakit. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) (hkbp.or.id) adalah organisasi keagamaan terbesar ketiga di Indonesia dengan pusat di Pearaja, Sumatera Utara, tumbuh dari misi RMG German dan Zending Ermelo Belanda di tanah Batak sejak 1853, didirikan pada 1861 (terdaftar pada 1917), dibuat terjemahan Alkitab ke bahasa Batak Toba oleh Ephorus (pimpinan gereja) pertama, seorang Jerman Dr. I.L. Nommensen;
- Huria Kristen Indonesia (HKI) (kanpushki.com), semula namanya Huria Kristen Batak, didirikan pada 1927, pusat di Pematangsiantar, Sumatera Utara;
- Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) (gkps.or.id) memisahkan diri dari HKBP pada 1963 untuk suku Batak Simalungun, pusat di Pematang Siantar, Sumatera Utara;
- Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) (gkpa.com) memisahkan diri dari HKBP pada 1976 dengan nama HKBP-A untuk suku Batak Angkola (umat Kristen di sana sejak 1940-an), pusat di Padangsidimpuan, Sumatera Utara;
- Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) (gkppd.blogspot.com) memisahkan diri dari HKBP pada 1991 untuk suku Batak Pakpak, pusat di Kelurahan Batang Beruh, Sumatera Utara;
- Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) (smpsbnkplm.blogspot.com) adalah Gereja terbesar di Pulau Nias, Sumatera Utara, 60% dari orang Nias (menamakan diri Ono Niha); dari 1865 sana dimulai misi RMG, pada 1913 dijadi terjemahan Alkitab dalam bahasa Nias; memisahkan diri dari HKI pada 1936, pusat di Gunung Sitoli;
- Angowulua Masehi Indonesia Nias (AMIN), dikeluar dari BNKP pada 1946 karena ada kewenangan para pemimpin tradisional di dalam gereja itu, pusat di desa Tetehosi I;
- Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP) (onkp.wordpress.com) ialah gereja di Nias yang cabang dari BNKP sejak 1952;
- Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) ialah salah satu gereja di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang berpusat di Nemnemleleu – Sikakap, tumbuh dari misi RMG, didirikan pada 1916;
- Gereja Kristen Luther Indonesia (GKLI) memisahkan diri dari HKBP pada 1965 yang berpusat di Parlilitan, Sumatera Utara;
- Universitas HKBP Nommensen (nommensen-id.org) di Medan, milik HKBP, didirikan pada 1954, perguruan tinggi Lutheran utama (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Logo HKBP

Bangunan Misi Lutheran Barmen (1872) (www.wikimedia.org)

Reformed (Presbiterian, Kalvinis): Ini lebih radikal daripada Lutheran, bentuk Reformasi Swiss. Pemimpin, Johanes Calvin (1509-1564) telah dihapus dari kehidupan semua yang tidak diperlukan Alkitab. Oleh karena batal ritual formal, seperti liturgi, gambar, lilin, musik (namun demikian, kini, musik sering hadir di kebaktian). Gereja diorganisasikan tanpa uskup, tapi dengan sistem presbiterian non-hirarkis. Menurut Calvinisme, pada saat Sakramen Ekaristi roti dan anggur tidak menjadi tubuh dan darah Kristus. Doktrin predestinasi adalah bahwa Tuhan telah memutuskan siapa yang akan diselamatkan dan siapa yang akan mati. Asosiasi internasional adalah Aliansi Gereja-gereja Reformasi se-Dunia (World Alliance of Reformed Churches). Di Indonesia, Gereja Reformed datang lebih awal daripada Protestan yang lain, dari abad ke-17, dan dipengaruhi para misionaris Gereja Negara Belanda Nederduitsche Gereformeerde Kerk (sejak 1816 nama Nederlandsche Hervormde Kerk) serta Gereja Belanda mandiri Gereformeerde Kerken in Nederland. Di sini bekerja misi-misinya Nederlandsche Zendings Genootschap (NZG), Nederlandsche Gereformeerde Zendingvereniging (NGZV), Utrech Zendings Verenigeeng (UZV) dan De Gereformeerde Zendingsbond (GZB). Di Ambon pada Th 1605 didirikan "De Protestantsche Kerk in Nederlandsch-Indie" (Indische Kerk), pada Th 1797 dimulai misi di Papua, pada 1865 di Jawa dan pada abad ke-20 di Sulawesi. Sesepuh Reformed pada Th 1922-1937 di Indonesia adalah seorang Belanda, misiolog Dr. H. Kreamer, akhirnya Beliau memprotes tindakan pemerintah Belanda yang agresi militer ke Indonesia pada 1947-1948-an. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Protestan di Indonesia (GPI) (sinodeamgpi.wordpress.com) adalah gereja Protestan tertua dan salah satu terbesar di Indonesia, didirikan di Ambon pada 1605 "De Protestantsche Kerk in Nederlandsch-Indie" (Indische Kerk), pada 1619 pusatnya pindah ke Batavia (Jakarta), pada 1621 pernah Majelis Jamaatnya, pada 1815 didaftarkan sebagai badan hukum (baru rampung pada (1835), sejak 1948 nama GPI, saat ini, Gereja ini ialah keesaan dari 12 Sinode Gereja Bagian Mandiri regional;
- Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) (gpib.org) adalah gereja anggota PGI terbesar yang berpusat di Jakarta, muncul sebagai cabang pada 1948 dengan nama De Protestantse Kerk in Westelijk Indonesie;
- Gereja Protestan Maluku (GPM) (sinodegpm.org) adalah cabang PGI sejak 1935, pusat di Pulau Ambon di mana gereja ini didirikan pada 1605 dan membuka Pendidikan Teologi pertama pada 1622; kemudian misi Belanda NZG sana bekerja sama London Missionary Society (pietis antardenomenasional) dari mereka di Kepulauan Maluku bekerja misionaris Belanda Yoseph Kam dinamai Rasul Maluku pada 1817-1833, bekerja di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara;
- Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) adalah cabang PGI berjumlah besar sejak 1947 yang berpusat di Kupang, Timor Barat;
- Gereja Masehi Injili di Halmahera (Maluku Utara) (GMIH) adalah cabang PGI sejak 1949; pada 1817 di sini pernah misionaris Y. Kam, sejak 1866 bekerja misi UZV; pusat di Tobelo, Halmahera;
- Gereja Kristen Sumba (GKS) ialah cabang PGI sejak 1947, tapi misi Belanda di Pulau Sumba sejak 1881, pusatnya di Waingapu;
- Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) (gmim.or.id) adalah cabang berjumlah besar PGI sejak 1934; pada 1817 di Sulawesi Utara pernah misionaris Y. Kam, sejak 1831 mulai misi NGZ; pusat di Tomohon, Sulawesi Utara;
- Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) (kgpm-sentrum.blogspot.com) yang memisahkan diri dari Indische Kerk pada 1933 dengan cenderung pada kemerdekaan dari gereja Belanda (masih pendeta asli Minahasa pertama Dominggus Lambertus Mangindaan yang belajar di Belanda pada 1858 mengumandangkan Gereja sendiri, lantaran diberhentikan dari jabatannya), salah satu pendirinya B. W. Lapian ialah pahlawan nasional RI, pusat di Manado, Sulawesi Utara;
- Gereja Protestan Indonesia di Papua (GPI Papua) adalah cabang PGI sejak 1985 yang berpusat di Fakfak; di Papua bekerja misi-misi Belanda sejak 1797;
- Gereja Kristen Injili di Tanah Papua (GKITP) yang berpusat di Jayapura, didirikan pada 1956, tumbuh dari Badan Misi Gossner Jerman di desa Mansinam yang tiba di pulau Mansinam pada 1855 dan didirikan di sana rumah misi pada 1856;
- Gereja Toraja (GETOR) (gerejatoraja.com), tumbuh dari De Gereformeerde Zendingsbond (GZB) yang didirikan di Belanda pada 1901 sebagai aliran Pietis dalam Gereja Belanda, misi antar orang Toraja sejak 1913; Gerega didirikan pada 1947, pusat di Rantepao, Sulawesi selatan;
- Gereja Kristen Jawa (GKJ) (gkj.or.id) yang berpusat di Salatiga, Jawa Tengah, didirikan pada 1931, misi NGZV mulai di Jawa pada 1865;
- Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) (gbkp.or.id), didirikan pada 1941 (misi NGZ di tanah Batak Karo sejak 1890), pusat di Kabanjahe, Sumatera Utara;
- Gereja Kristus (gerejakristus.org) adalah lembaga orang Tionghoa berpusat di Jakarta; semula pada 1905 dari Malasia ke Sumatera, Jawa dan Kalimantan datang para misionaris atas Board of Foreign Mission (BFM) dari The Methodist Episcopal Church AS dan mendiri Gereja Methodist Mission untuk suku Tionghoa dan Batak, kemudian BFM dari Jawa pindah ke Sumatera, karena itu umat telah mengikuti misi Belanda Reformed NZG dan NGZV, didirikan pada 1928 dengan struktur Presbiterian;
- Gereja Kristus Tuhan (GKT) (gerejakristustuhan.org rumahdoasegalabangsa.blogspot.co.id) adalah lembaga orang  Tionghoa berpusat di Malang, asal usul sama dengan Gereja Kristus, tumbuh dari misi Metodis di antara orang Tionghoa Jawa Timur (Surabaya), kelak alih menjadi misi gereja Reformed Belanda, gereja didirikan pada 1939, memiliki jemaat di Jawa Timur dan Tengah, Bali, Lombok dan Jakarta, Institut Theologia Aletheia di Lawang;
- Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) (grii.org) adalah organisasi sebagian besar orang Tionghoa, didirikan pada 1989 (dahulu mengikat dengan Evangelize China Fellowship internasional), pusat di Jakarta di mana pada 2008 bangunan salah satu gereja terbesar Katedral Mesias, memiliki sejumlah cabang di luar negeri;
- Gereja Alkitab Presbytarian Protestan Indonesia (Calvary Batam) (alvaryjurong.com) adalah cabang sebagian besar orang Tionghoa di Pulau Batam, Riau dari Calvary Bible-Presbyterian Church di Singapura yang mengikuti teologi konservatif fundamental Bible Presbyterian Church di AS;
- Sekolah Tinggi Teologi Jakarta (STT Jakarta) (sttjakarta.ac.id) ialah milik GPI, tertua perguruan tinggi Kristiani Indonesia, didirikan pada 1934 oleh Dr. H. Kreamer semula di Bogor dengan nama Hoogere Theologische School, ditutup pada 1942-1945 di waktu Jepang (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Logo GPI

GRII Gereja Katedral Mesias (2008), Jakarta (www.wikimedia.org)

Grup penyanyi GPM, Ambon (www.hok-im-tong.com)

Mennonit (Anabaptis): Adalah ahli waris dari ide-ide Anabaptis, khusus radikal di Protestan awal pada abad ke-16. Mereka mengajarkan bahwa murid Kristus bisa menjadi sukarelawan mengikutinya, sehingga baptisan hanya berlaku pada masa dewasa (dibaptis sebagai seorang anak, mereka membaptis sekali lagi). Bagian dari Anabaptis (Hutterit) dipraktekkan milik bersama. Gereja Mennonit berasal dari Belanda, pendirinya Menno Simons (1496-1561). Itu menolak baptisan anak, tidak boleh mengucapkan sumpah dan dinas militer (pasifisme). Ekaristi dipahami bukan sebagai sakramen, tetapi sebagai tindakan simbol. Karena pasifisme mereka pemerintah-pemerintah Eropa melarang gereja Mennonit. Hanya pada Th 1795 di Belanda, mereka diberi hak, setelah mereka mampu mengirim misi ke Jawa (1851) oleh Doopsgezinde Zendingsvereeniging (DZV) (pada Th 1854 di Jepara, Jawa Tengah, dibaptiskan beberapa orang pertama). Keberadaan Mennonite World Conference (MWC). (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI) (gerejamuria.org sinodegkmi.com) yang berpusat di Semarang, Jawa Tengah, didirikan pada 1920, ketika di rumah Tee Siem Tat di Kudus, Jawa, dibaptiskan 25 orang;
- Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) yang berpusat di Pati, Jawa Tengah, memisahkan diri dari GKMI pada 1940;
- Jemaat Kristen Indonesia (JKI) (jkibethel.wordpress.com) yang berpusat di Semarang, memisahkan diri dari GKMI pada 1985 sebab kebaktian baru dengan glossolalia (bahasa lidah) cara gerakan Pentakosta (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Anglikanisme (Episkopal): Ini terdiri dari Gereja negeri Inggris dan 38 gereja anggota Komuni Anglikan internasional, ditambah beberapa gereja independen. Pada Th 1534, Parlemen Inggris memproklamasikan kemerdekaan Gereja Inggris, dan kepalanya bukan Paus, tapi Raja Inggris. Dasar ibadah dan doktrin menjadi Buku Doa Umum. Sejak Reformasi dalam Inggris dilaksanakan oleh kekuasan "dari atas", Anglikan lebih dari Protestan lainnya mempertahankan unsur-unsur Katolik: otoritas Bapa kuno Gereja, warisan uskup dari keduabelas rasul, liturgi, busana liturgis, dll. Pada abad ke-19 mulai menjadi ordo-ordo membiara Anglikan. Sering disebut Anglikan "jalan tengah" antara Katolik dan Protestan. Meskipun Anglikan di dunia adalah salah satu dari banyak aliran Kristen, masyarakat Anglikan di Indonesia terbatas terutama hanya kaum imigran berbahasa Inggris. Pada Th 1829 didirikan antardenominasional British Protestant Community at Batavia (kemudian di Surabaya), yang sejak Th 1843 menjadi Anglikan, pada 1875 menjadi mandiri dari jemaat di Singapura. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Church of the Province of South East Asia / All Saints Church Jakarta (allsaintsjakarta.org) adalah satu paroki di Jakarta dari Gereja Provinsi Asia Tenggara, gereja dibangun pada 1829 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Metodisme (Wesleyan): Gereja Metodis berkembang dan kemudian dipisahkan dari Gereja Anglikan pada abad ke-18 dan mengikuti teologi John Wesley. Beliau mengajar, sering di luar ruangan, metode yang lebih teliti untuk kesempurnaan spiritual dan kemungkinan pengkudusan, kebebasan beragama, amal wajib dan mengkritik budak. Sistem organisasi Episkopal. Salah satu sekuel Metodisme telah muncul di Th 60-an abad ke-19 Gerakan Kekudusan Amerika, memberitakan terhadap pengkudusan sebagai tahap kedua setelah pembaptisan. Pada Th 1905, mulai kegiatan di Indonesia Misi Metodis "Board of Foreign Mission" (BFM) dari The Methodist Episcopal Church di Amerika Serikat. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Methodist Indonesia (GMI) (gmi.or.id) ialah kelompok Metodis terbesar dengan dua pemimpin (Bishop) dan dua pusat buat Sumatera Utara dan Sumatera Selatan serta Jawa; tumbuh dari misi BFM atas The Methodist Episcopal Church AS pada 1905 dari Malasia ke Jawa, Sumatera dan Kalimantan di mana mendiri Gereja Methodist Mission untuk suku Tionghoa dan Batak; mendapat kemandirian daripada Bishop di Malaisia pada 1964; memiliki dua sekolah teologi tinggi di Jakarta dan Bandarbaru dan Universitas Methodist di Medan; dan Wesley Methodist Church merupakan cabang otonom di Jakarta yang didaftarkan pada 2001 bagi komunitas internasional berbahasa Inggris di Pluit, Jakarta;
- Gereja Kristen Wesley Indonesia (GKWI) (gkwi.org) yang berpusat di Jakarta, didirikan pada 1983;
- Gereja Mission Batak (GMB) (gerejamissionbatak.blogspot.com) yang berpusat di Medan, didirikan pada 1927;
Gereja Bala Keselamatan (GBK) / The Salvator Army (TSA) Indonesia (salvationarmy.or.id) adalah caabang dari organisasi sedunia yang berdiri oleh pendeta Metodis W. Booth, berpusat di London dan dikenal programnya untuk fakir miskin seperti dapur umum dan rumah sakit; strukturnya mengikut pangkat-pangkat kemiliterian, dari prajurit sampai jenderal; di Indonesia sejak 1894 ketika datang di Jawa dua misionaris Belanda; pusat di Bandung, pemimpin adalah Komandan Teritorial (Komter); memiliki sejumlah rumah sakit, sekolah dan majalah Berita Keselamatan, khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Akademi Perawat (AKPER) William Booth Surabaya (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Baptis: Gereja Baptis berasal dari Protestan Kongregasionalis Inggris, yang telah diorganisasikan menurut sistem kongregasional yang menekankan otonomi jemaat setempat, berhak untuk memerinta dan mengurus dirinya sendiri. Beberapa dari mereka beremigrasi dari penganiayaan pihak berwenang ke Belanda, di mana di bawah ajaran Mennonit lokal mereka didirikan pada Th 1609 gereja Baptis yang menolak baptisan anak. Segera mereka kembali ke Inggris, mendirikan sebuah komunitas di sana, dan kemudian banyak Baptis bermigrasi ke Amerika (sekarang umat Baptis yang terbesar di Amerika Serikat). Mereka juga mendukung pemisahan gereja dari negara. Dalam ibadah menggunakan instrumen musik modern. Baptist World Alliance adalah persekutuannya sedunya. Di Indonesia, para misionaris Baptis pertama adalah beberapa orang Inggris pada awal abad ke-19, ada perwakilan dari Baptist Missionary Society, mereka telah membuat terjemahan pertama Perjanjian Baru dalam bahasa Jawa. Tetapi jemaat-jemaat Baptis lokal pertama datang kemudian, pada tahun 50-an abad ke-20. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Persekutuan Baptis Indonesia (PBI) (baptisindonesia.blogspot.com) adalah badan kerjasama 7 gereja Baptis, pada 1981 didirikan Aliansi Baptis Indonesia, di dasarnya pada 1991 didirikan PBI, pusat di Jakarta;
- Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI) (ggbi.net) yang berpusat di Jakarta, tumbuh dari Foreign Mission Board of the Southern Baptist Convention, gereja Baptis terbesar di AS, yang datang di Jawa pada 1951;
- Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) (di Facebook) yang berpusat di Manado, didirikan pada 1951, mitra Southern Baptist Convention (AS) dan Baptis Kanada;
Sinode Gereja Kristen Baptist Jakarta (SGKBJ) (gkbj.org) yang berpusat di Jakarta, didirikan pada 1952 oleh misionaris dari Hong Kong untuk jemaat Tionghoa Jakarta;
- Jakarta International Baptist Church (JIBC) (sites.google.com/a/thejibc.org/jibc/), tumbuh dari misi Southern Baptist Convention (AS), didirikan pada 1961 bagi komunitas berbahasa Inggris dan didaftarkan pada 1963 dengnan nama Kebayoran Baptist Church (sekaligus didirikan Gereja Baptis Kebayoran bagi jemaah berbahasa Indonesia);
- Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP) (suarabaptispapua.org) yang berpusat di Jayapura (dulu Gereja Baptis Lembah Balim dan Persekutuan Gereja-gereja Baptis Irian Jaya); didirikan pada 1966 di Yaneme Magi, didaftar pada 1976 dan 2003, tapi The Australian Baptist Missionary Society (sekarang menjadi Global Inter Action (GIA) mulai bekerja di sini sejak 1956 di Tiom; bagi Provinsi Papua Barat mendirikan Sinode Gereja Baptis Anugerah Indonesia yang sendiri; saat ini di dalam PGBP tetap ada perpecahan dan dua kantor Sinode di Itawakhu dan di Kotaraja;
- Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI) (gpibiimmanuel.wordpress.com) yang berpusat di Denpasar, tumbuh dari misi Baptis Konservatif dari AS, didirikan pada 1965;
- Gerega Baptis Independen Indonesia (GBII) yang berpusat Jakarta, dari kelompok Independen aliran Baptis yang di dunia mulai pada awal abad ke-20 ialah Protestan Konservatif Fundamental dan otonom setempat jemaat; di Indonesia sejak 1970-an awal, tumbuh dari para misionaris dari Amerika Serikat, didaftar pada 1985;
- Gereja Baptis Independen Alkitabiah Graphe (GBIA Graphe) (graphe-ministry.org gbia-filadelfia.org) adalah kelompok dari Baptis Independen, didirikan pada 1995, hanya berupa persekutuan doa dan pelayanan keluarga, pusat di Jakarta, pemilik Graphe International Theological Seminary (GITS);
- Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia (STBI) (seminaribaptis.com) di Semarang, didirikan oleh Misi Baptis Indonesia dari Foreign Mission Board of The Southern Baptist Convention di US pada 1954, kurang dari tiga tahun semenjak mereka masuk Indonesia (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Restorasionism: Gerakan Restorasi atau Pemulihan, berdiri sendirian di Protestan karena menolak prinsip pewarisan apostolik, percaya bahwa pernah Kemurtadan Besar, yaitu orang Protestan seperti Katolik telah pindah dari Kristen sejati; tak perlu mereformasi gereja modern, tapi memperbarui dan kembali kepada praktik Kristen perdana murni. Itu adalah zaman pra-denominasional tanpa sekte-sekte dan syahadat yang tertulis. Itu sebabnya orientasi gerakan ini yang anti-denominasional ke se-Gereja dari jamaat-jamaat otonom dengan nama dari Alkitab, antar lain: kaum Kristen, Gereja Kristiani, Gereja Kristus, murid-murid Kristus atau Gereja lokal dengan hanya nama tempatnya di... Restorasionism menjadikan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 (J. O'Kelly, B. Stone, Th. dan A. Campbell, dll). (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Gereja Saudara dalam Kristus Indonesia (thechristadelphians.org/htm/global/rencana.html) adalah gerakan Restorasi dan anti-Tritunggal internasional di bawah nama Yunani "Kristadelfian" yang tidak memiliki pemerintah pusat atau daerah, seperti setiap jemaat lokal (Eklessiya) mandiri dan tidak memiliki pendeta tetap dibayar; didirikan pada 1847 di Amerika Serikat dan Britania oleh John Thomas; menurut teologi umum, Yesus adalah Al Masih, tetapi bukan Tuhan yang Esa; kematian adalah tidur, sampai hari kebangkitan; umat di Indonesia berasal dari misi Australia;
- Gereja Kristus Di Indonesia (GKDI) (gkdi.org hopeindonesia.org) didirikan pada 1990 di Jakarta sebagai cabang dari International Churches of Christ dari Amerika Serikat, tidak hanya mempraktikkan ibadah mingguan, tetapi juga Belajar Alkitab di luar gereja misal diskusi di mana hanya terdapat 2-3 orang saja (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Mormonisme (Gerakan Orang Suci Zaman Akhir): Aliran khusus dari gerakan Restorasi. Orang Amerika Joseph Smith, Jr. menyatakan dirinya Nabi baru, bertugas untuk memulihkan gereja yang benar. Kitab Suci tidak hanya Alkitab tetapi Kitab Mormon yang diterjemahkan Dia pada Th 1829 tentang Nabi Mormon dan orang Indian yang hidup di Amerika pada abad ke-4 SM. Menurut doktrinnya, Tritunggal tidak satu, tapi tiga Allah, Sang Bapa dan Putra mempunyai tubuh berwujud. Yesus Kristus orang pertama. Orang-orang telah hidup sebelum tanpa tubuh, kemudian tumbuh menjadi lebih dewasa menjelma di Bumi. Umat Mormon memiliki beberapa upacara khusus, seperti pernikahan kekal dan baptisan orang mati; larangan minuman keras, kopi dan teh. Pada abad ke-19, mereka mempraktikan poligami, yang kini ditangguhkan, tapi aliran Mormon Fundamentalis saja yang masih simpan gaya hidup ini. Setelah kematian Joseph Smith ada beberapa Gereja Mormon. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir di Indonesia (OSZA) (lds.or.id mormon.org/ind) adalah cabang dari The Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints (LDS) yang berpusat di Salt Lake City (Utah, AS), pemimpin Presiden yang rasul, jamaat-jamaat memimpin para uskup; orang Mormon mengunjungi Indonesia pertama kali pada 1969 dan di 1970 mengirim misinya (karya selaku dai ialah kewajiban bagi setiap pemuda selama dua tahun), sejak 1975 berkarya Kantor Misi Jakarta-Indonesia, tapi pada 1978-1981-an misi dihentikan karena peraturan negeri baru akan kegiatan asing, kembali pada 1985 dan didaftar pada 1987, dengan Presiden RI A. Wahid (1999-2001) Gereja telah punya khusus hubungan bersahabat (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Advent: Umat Adventis adalah aliran eskatologis (tentang zaman akhir) di dalam Protestan di mana percaya pada kedatangan Kristus yang kedua (bahasa Latin "adventus") sudah dekat. Pendeta Baptis dari negara bagian AS New York, William Miller dari Alkitab mengkalkulasi tanggal kedatangan Kristus pada tahun 1843. Sekitar terbentuk gerakan Advent. Setelah ramalan ini tidak menjadi kenyataan pada waktu itu, Dia mengakui kesalahan. Gerakan ini dibagi menjadi beberapa gereja. Yang paling dikenal adalah Gereja-gereja Advent Hari Ketujuh, diakui sebagai Rasul salah satu pengikut Advent, Ellen G. White. Dia mengatakan bahwa pada tahun 1844, Kristus memang datang, tapi tidak di Bumi, tapi di Kuil Sorgawi untuk pengadilan pemeriksaan. Mereka yakin bahwa Sepuluh Perintah Allah dan hukum dari Perjanjian Lama Yahudi (Hari Sabat, larangan makan daging babi dan darah) lagi berlaku untuk orang Kristen. Paham vegetarian direkomendasikan. Di Indonesia sejak Th 1901 di Padang, Sumatera Barat. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gerega Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) (adventist.or.id) adalah cabang nasional dari Seventh-day Adventist Church se-Dunia yang mengikut ajaran E.G. White; strukturnya tersusun dari dua Uni Mission di Jakarta dan Manado, Sulawesi Utara; memiliki universitas-universitas dan rumah-rumah sakit (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Evangelikalisme (Injili): Gerakan Evangelikal kemudian menjadi Protestan, menekankan otoritas Alkitab saja, terutama Injil, dan kebutuhan untuk hanya penafsiran harfiah saja. Tradisi gereja sepenuhnya ditolak. Orang beriman seharusnya tidak hanya dibaptis dengan air, tetapi dilahirkan kembali dari Roh Kudus dan menjadi dikuduskan. Kegiatan misionaris penting. Pembentukan Evangelikalisme berkontribusi gerakan-gerakan seperti Pietisme (abad ke-17), Gerakan Kebangunan Rohani (ke-18), Serikat Persaudaraan Plymouth dan Gerakan Kekudusan (ke-19). Gereja-gereja Evangelikal sering menyatakan keanggotaan non- dan antardenominasial sejak tidak penuh perhatian pada isu-isu dogmatis. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) (gke-gerejakalimantanevangelis.blogspot.com), awalnya bernama Gereja Dayak Evangelis, didirikan pada 1935 dengan pusat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan; sejak 1834 buat orang Dayak bekerja misi Lutheran RMG (Zending Barmen), tapi pada 1920 menyerahkan misi ke Zending Basel (Basler Mission) antardenomenasional dari Swiss;
- Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) (kemah-injil.org) adalah anggota dari Christian and Missionary Alliance (C&MA) yang berpusat di Nyack, New York (AS) dan Veenendaal (Belanda); R.A. Jaffray dari C&MA mendirikan Chinese Foreign Mission Union (CFMU) dan pada 1928 datang buat orang Tionghoa di Kalimantan Timur dan kota Makassar, Sulawesi Selatan; pada 1930 di Makassar menjadi sebagai pusat C&MA atau Kemah Injil;
- Gereja Kristen Pemancar Injil (GKPI) yang berpusat di Tarakan, Kalimantan Timur, anggota dari Christian and Missionary Alliance (C&MA);
- Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) (gkpb.abianbase.com kutainternationalchristianchurch.org) adalah anggota dari Christian and Missionary Alliance (C&MA), berpusat di Kapal, Mengwi, Badung (Bali); misi C&MA di Bali sejak 1929 bagi orang Tionghoa, didirikan pada 1931 ketika semisionaris dari Tiongkok membaptis beberapa orang Bali pertama di Tukad Yeh Poh (desa Dalung, kab. Badung), dulu bernama Persatuan Kristen Protestan Bali (PKPB), didaftarkan pada 1949; Kuta International Christian Church in Bali ialah sebuah jemaah GKPB berbahasa Inggris di Legian, Kuta;
- Gereja Kristen Abdiel Zion (GKAZion) (gkazionbali.com) adalah kelompok orang Tionghoa, tumbuh dari Chinese Foreign Mission Union (CFMU) oleh Christian and Missionary Alliance (C&MA);
- Gereja Kristus Yesus (GKY) (gky.or.id) memisahkan diri dari Gereja Kristus pada 1979, didirikan di antara umat Tionghoa di Jakarta pada 1945, anggota PGTI;
- Gereja Jakarta International Christian Fellowship (JICF) (www4.jicf.org), memisahkan diri dari Jakarta International Baptist Church (JIBC) pada 1995, mendirikan Yayasan International Christian Fellowship, semula bertempat di American Embassy Recreation Association;
- International Christian Community (ICC) (iccbali.com) ialah jemaah internasional di Kuta, Bali, melaksanakan kebaktian dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin;
- Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE) (stt-gke.ac.id) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, milik GKE, semula didirikan sebagai Sekolah Pendeta pada 1932 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
GKPB di Abianbase, Mengwi Bali (www.gkpb.abianbase.com)

Pentakosta (Karismat): Gerakan baru dalam Protestan, menurut yang perlu untuk menyelamatkan pembaptisan Roh Kudus dan akuisisi Karunia-Karunianya (pencurahan Roh), mirip dengan yang dijelaskan dalam Alkitab. Pertemuan keagamaan yang bersifat gembira (ekstatis) dengan glossolalia atau bahasa lidah, nubuat (ramalan), penyembuhan, di beberapa gereja karismatik lagi ada jatuhnya dan tawa suci, dll. Meskipun beberapa dari praktek-praktek ini pernah sebelumnya dalam kelompok Kristen yang terpisah, seperti umat Shaker dan Gereja Katolik Apostolik oleh Irving, juga penting doktrin Metodis dan gerakan Kesucian tentang Berkat kedua, tapi awal mulai gerakan Pentakosta menjadi Sekolah Alkitab Bethel (Kansas, AS) oleh pendeta metodis Ch.F. Parham, di mana tanggal 1 Januari 1901 salah satu siswi mengalami glossolalia. Persekutuan Pentakosta internasional adalah Pentecostal World Fellowship. Sudah ada pada 23 Februari 1921 di Indonesia, ketika datang di Batavia lima misionaris Pentakosta pertama, antarnya: Y.G. Thiessen dari De Bond Voor Evangelisatie serta De Zendings Vereeniging (Belanda) dan Dr. R.D. Van Klaveran dari Bethel Temple, Seatle, Washington, AS (sekarang dikenal sebagai Bethel Fellowship International dan Bethel Christian Ministries, dibentuk oleh Pdt. W.H. Offiler yang sebagian cenderung ke teologi Keesaan), yang terakhir di Th 1921-1922 berkarya di Bali, pada 30 Maret 1923 di Cepu, Jawa Tengah mereka telah membaptis 13 orang dan pada 1935 membuka sekolah Alkitab di Surabaya. Aliran Pentakosta dalam waktu singkat menjadi yang paling banyak denominasi Protestan Indonesia. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) (pgpi-news.org) adalah wadah lintas gereja Pentakosta yang berpusat di Jakarta, didirikan pada 1979;
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) (gpdi.or.id gpdiworld.us) adalah salah satu gereja terbesar, didirikan oleh para misionaris dari Bethel Temple (Seatle, AS) pada 1923 di Bandung dan didaftar resmi pada 1924, semula bernama Vereeniging De Pinkstergemeente in Nederlandsch Oost Indie, sejak 1942 nama baru, berpusat di Jakarta; bermitra dengan International Church of the Foursquare Gospel dan Bethel Fellowship International yang berpusat di AS, membuka beberapa cabang di luar negeri (AS, Belanda, Korea, dll);
- Gereja Gerakan Pentekosta (GGP) (sggpentakosta.wordpress.com) yang berpusat di Jakarta, didirikan pada 1923 oleh Y.G. Thiessen, misionaris Belanda yang asli Ukraina, buat gereja pertama "Bethel" di Bandung, semula masuk Vereeniging De Pinkstergemeente in Nederlandsch Oost Indie (GPdI);
- Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) (pentakosta.org) adalah asal dari misi di daerah Tapanuli, provinsi Sumatera Utara sejak 1938 (dahulu Gereja Pentakosta Tanah Batak Tapanuli dan Gereja Pentakosta Sumatera Utara); tidak termasuk ke dalam GPdI pada 1942, tapi didaftar sendiri;
- Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) (gbis-online.org), memisahkan diri  dari GPdI pada 1952, pada 1967 menjadi badan otomom dari Church of God (Cleveland, Tennessee AS) yang gereja Pentakosta tertua di AS dengan praktis tiga berkat;
- Gereja Bethel Indonesia (GBI) (gbi-bethel.org rockministry.org) adalah salah satu gereja terbesar, dikeluarkan dari GBIS pada 1970 sebab asosiasinya dengan Church of God, berpusat di Jakarta; di Bali mendirikan cabangnya Representative's of Christ's Kingdom (R.O.C.K.) bagi komunitas internasional;
- Gereja Tiberias Indonesia (GTI, Tiberias Ministry) (tiberias.or.id), wadah yang mengikuti teologi Karismat, dulu bagian GBI sebagai GBI Tiberias, tapi setelah adanya keputusan sinode, bahwa nama-nama jemaat seperti Tiberias ini harus dihilangkan, dikeluarkan pada 1990 dan didaftarkan mandiri; pusat di Jakarta, ada cabang di Singapura dan Australia;
- Gereja Bethany Indonesia (Bethany) (bethany.or.id bethanygraha.org/id/), salah satu gereja terbesar, mengikuti teologi Karismat, pada 1978-2003 bagian GBI dan bernama GBI Jamaat Bethany, dikeluarkan dan didaftar resmi pada 2003, pusat di Surabaya, pemilik Sekolah Tinggi Teologi Bethany;
- Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah (GSSJA) di Indonesia (gsja.org) adalah kelompok Pentakosta konservatif, asosiasi dengan World Assemblies of God Fellowship (pusat non-formal di Springfield, Missouri AS) yang gereja-gereja Protestan dan Pentakosta terbesar di dunia; tumbuh dari misi beberapa orang Amerika dari Bethel Temple Seatle di Kalimantan, Ambon dan Sumatra sejak 1936, dari 1946 hingga 1951 misi dipindah di bawah Division of Foreign Mission of the American General Council of the American Assemblies of God dan dinamakan Bethel Indies Zending, pada 1951 menjadi sebagai "the Assemblies of God in Indonesia" yang berpusat di Jakarta; pada 1946 mendirikan Jakarta Bible Institute (kelak ditutup);
- Gereja Pantekosta Serikat Indonesia (GPSI) (sinode-gpsi.org) adalah kelompok Pentakosta Keesaan yang menolak doktrin Tritunggal; sejak 1945 di Indonesia berdomisili semisionaris The United Pentecostal Church International (UPCI) berpusat di St. Louis, Missouri, AS, pada 1948 didaftar Kerkgenootschap, sejak 1961 nama baru;
- Gereja Yesus Sejerah (GYS) (gys.or.id) adalah cabang dari Gereja internasional yang berpusat di Los Angeles, AS; didirikan di Tiongkok pada 1917, di Indonesia sejak 1939; kelompok Pentakosta Keesaan, merayakan hari Sabtu;
- Gereja Isa Almasih (GIA) (sinodegia.or.id) adalah sekelompok Pentakosta Karismat, awalnya khususnya bagi orang Tionghoa, didirikan pada 1946 di Semarang (pusatnya tetap) oleh sependeta yang dikeluarkan dari GPdI, pada 1950 dibangun gereja pertama; anggota PGI, pemilik Sekolah Tinggi Theologia Abdiel (STT Abdiel);
- Morning Star Indonesia (morningstarindonesia.org) adalah gereja Karismat, cabang dari gereja internasional "Every Nation" dengan pusat di Manila (Filipina) dan Brantwood (Tennessee, AS); di Amerika (Kalifornia) kelompok ini muncul sebagai "Maranatha Campus Ministries" (1971-1989) dengan kebaktian bagi para pelajar di kampus-kampus, pada 1994 beberapa tokohnya dari Amerika di Manila didirikan gereja "Morning Star" (nama mutakhir sejak 2004), di Indonesia mereka sejak 2000-an, di Jakarta ada gereja dengan sekolah "Morning Star Academy" dan kebaktian di kampus Universitas Tarumanagara, jemaahnya ada pula di Jawa, Sumatra, Bali dan Sulawesi;
- C3 Church Bali - Christian City Church Bali (c3bali.org) adalah jemaah Karismat untuk komunitas internasional, cabang dari Christian City Church International (C3i) alias C3 Church Global yang didirikan di Sidney, Australia, di Bali (Denpasar) didirikan pada 2001; kebaktian dalam bahasa Indonesia dan Inggris;
- Gereja Pantekosta Kharismatika di Indonesia (GPKdI) (gpkdi.co.id gpkdi-indonesia.blogspot.co.id) adalah kelompok Karismat yang berpusat di Jakarta dengan cabang di Jawa, Riau, Kalimantan, Sulawesi;
- Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti (STT SATI) (sttsati.org) di Malang, salah satu perguruan Pentakosta tertua, dimiliki oleh GSSJA, didirikan sejak 1955 dengan nama Sekolah Alkitab Sidang Djemaat Allah, Seminari sejak 1983, menjadi sekolah tinggi pada 1993;
- Seminari Bethel (seminaribethel.net) di Jakarta, perguruan tinggi teologi, dimiliki oleh Sinode GBI, didirikan pada 1989 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Gereja Bethany Nginden (2000), Surabaya (www.tinypic.com)

Ibadah di Gereja Pentakosta I (www.pentakosta.org)
Ibadah Karismat di Gereja Isa Almasih (www.sheepgateministry.com)

Anti-Tritunggal: Beberapa denominasi Kristiani, mereka menolak doktrin Syahadat Iman Nicea tentang Allah Tritunggal di mana Putra Yesus Kristus sehakekat dengan Sang Bapa. Mereka pun seperti Muslim percaya pada Tuhan yang Esa saja. Pertama kaum anti-Tritunggal menjadi umat Monarkian Adopsionis pada abad ke-2, guru mereka Theodotus dari Byzantium merupakan kanon Alkitab sendiri, menolak setiap tradisi gereja, dan mengajarkan bahwa Yesus bukan Tuhan, tapi adalah manusia biasa yang diadopsi menjadi Putra Tuhan. Aliran anti-Tritunggal lainnya: pada zaman purba ada Monarkianisme modalistis dan Arianisme, pada zaman Reformasi ada Kristen Unitarian dan Quaker, kemudian Kristadelfian, dll. Pada abad ke-16 membentuk organisasi anti-Tritunggal pertama: di Polandia itu Gereja Saudara-saudara Polandia (disebut juga Socinianisme oleh Fausto Sozzini) dan di Romania serta Hongaria Gereja Unitarian Transylvania. Pada sezaman dengan itu seorang ilmuwan dan dokter Spanyol Miguel Servet menonjol dibakar oleh Protestan lain karena Beliau anti-Tritunggal. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Jemaat Allah Global Indonesia (JAGI) (icuu.net) adalah Gereja Unitarian yang didirikan pada 1996 dan berdaftar pada 2000, berpusat di Semarang, jemaatnya berada di beberapa kota Jawa dan Manado, anggota International Council of Unitarians and Universalists (ICUU), y.i. Dewan sedunia yang didirikan pada 1995; kelompok yts tumbuh dari gereja-gereja Unitarian di Polandia serta Transylvania (abad ke-16), pada abad ke-18 membentuk Gereja Unitarian di Inggris dan AS, di mana ahliwan Joseph Priestley mendirikan jemaat pertama di Pensylvania, pada abad ke-19 didirikan Gabungan Unitarian Amerika dan Gereja Universalis Amerika; JAGI mengikuti doktrin monoteis yang kuat dan hukum dari Perjanjian Lama, y.i. Hari Sabtu serta diet halal;
- Gereja Kristus, Ahli Ilmupengetahuan (christianscience.com/indonesian) adalah cabang dari The Church of Christ, Scientist yang berpusat di Boston, AS (di Indonesia di Jakarta), organisasi beraliran Christian Science (Ilmu Kristiani); gereja didirikan pada 1866 oleh seorang wanita Amerika, Mary Baker Eddy; Beliau sejak kecil sakit-sakitan, tapi kelak dalam bukunya "Ilmupengetahuan dan Kesehatan dengan Kunci untuk Kitab Suci" mengajar bahwa materi, termasuk penyakit serta dosa dan maut, sesungguhnya tidak ada (fana), karena Allah yang Ibu-Bapa adalah semua, dan kesembuhannya bisa dapat lewat doa seumpama Yesus, y.i. Beliau menyatakan menegakkan kembali Kristen yang asli serta unsur penyembuhannya yang telah hilang; ajaran mereka terhadap Tritunggal Ilahi berbeda dengan Protestan, itu adalah Kehidupan, Kebenaran dan Kasih: Allah sang Bapa-Ibu, Kristus sang gagasan rohani tentang keanakan (Yesus ialah manusia yang berbeda) dan Ilmu Pengetahuan ilahi (Penghibur Suci);
- Saksi-Saksi Yehuwa (Kantor cabang Indonesia) (jw.org/id) adalah Gereja anti-Tritunggal (nama dahulu "Siswa-Siswa Alkitab") dengan pusat dunia di New York dan kontrol ketat hirarkis, yang didirikan pada 1870 oleh Charles Russell, dengan ibadah hanya untuk Allah Yehuwa; dibuat terjemahan Kitab Suci sendiri, ditolak keabadian jiwa sampai Kebangkitan kaum beragama, dilarang
menghormati salib dan hari raya Kristen, selain Perjamuan, dinas militer dan transfusi darah, persekutuan doa diadakan di Balai-balai Kerajaan, untuk anggota pekerjaan misionaris dari rumah ke rumah diperlukan; di Indonesia misionaris pertama Australia tiba di Batavia pada 1931 dan sejak 1933 bekerja seorang pengikut pribumi, tapi  organisasi dilarang pada 1976, dapat registrasi cabang hanya pada  2001 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Jemaat Unitarian JAGI (www.international.blogs.uua.org)


KRISTEN ORTODOKS

Ortodoksi (bahasa Yunani "Iman yang benar" atau "rasyid") adalah Kristen Kuno, para uskup-uskupnya yang dianggap sebagai ahli waris Keduabelas Rasul Kristus. Mereka memiliki banyak hubungan dengan Katolik (otoritas Tradisi Gereja Suci, ibadah sebagai liturgi, pemujaan kepada orang-orang kudus dan ikon, dll). Ortodoks dan Katolik yang bersatu pada awal, kemudian menjadi bereksistensi terpisah-pisah, karena Ortodoks yang hanya mengakui beberapa Konsili Ekumenis (Dewan Dunia) Kristiani dahulu waktu itu. Ortodoksi tidak mengenali keunggulan Paus Roma atas seluruh Gereja, percaya bahwa setiap Gereja regional ialah independen dan merupakan gereja-gereja saudari mereka. Para imam Ortodoks bisa menikah, tapi uskup harus sebagai biarawan (kecuali sementara gereja oriental). Gereja-gereja ini yang dominan antara lain di Rusia, Bulgaria, Serbia, Romania, Yunani, Armenia, Etiopia dan di antara kaum Kristen Arab. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

PANDUAN ALIRAN DAN ORGANISASI KRISTEN ORTODOKS DI INDONESIA: 

Ortodoks Timur: Merupakan aliran Ortodoks terutama yang pernah bersatu dengan Katolik hingga abad ke-11, karena mereka yang hanya mengakui tujuh Konsili Ekumenis dahulu waktu itu. Sekarang di dunia keberadaan 15 Gereja Ortodoks Timur kanonik independen (otosefalus) dan lagi ada gereja-gereja otonom yang terdiri dari saudari-saudari. Ada juga beberapa gereja Ortodoks non-kanonik yang memisahkan diri, seumpama, gaya kalender atau upacara lama, dsb. Secara historis, penghormatan yang lebih besar milik Patriark (berarti Sesepuh) Gereja Ortodoks Konstantinopel (Patriarkat Ekumenis) di Turki. Gereja Ortodoks Rusia yang terbesar kedua di dunia setelah Katolik Roma. Di Indonesia paroki-paroki Ortodoks para imigran Rusia telah ada sejak awal Th 1920-an sampai akhir 1950-an di Jakarta dan Bandung, kemudian ditutup. Sejak Th 1990-an aliran ini telah muncul kembali. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Gereja Orthodoks Indonesia (GOI) (gerejaorthodoxindonesia.blogspot.co.id friendsofindonesia.org) adalah cabang dari Gereja Ortodoks Rusia; pada 1983 telah masuk ke gereja ini seorang murid suku Jawa, Daniel Byantoro, kemudian menjadi seorang biarawan, pada 1990 Beliau didirikan paroki pertama di Solo serta Yayasan Dharma Tuhu, diganti menjadi Yayasan Ortodoks Injili Indonesia dan pada 1991 didaftar Gereja dengan nama modern (memperbarui pada 2006); awalnya, masyarakat setempat yang terdiri dari orang pribumi diserahkan kepada Gereja Konstantinopel, karena Indonesia secara formal merupakan wilayah hukum, tapi di kemudian ada transisi di bawah kewewenangan Gereja Rusia (pemimpinnya Patriark Moskow dan se-Rusia), terutama Keuskupan Agung Sydney, Australia dan Selandia Baru dari Gereja Ortodoks Rusia di luar Rusia (ROCOR) (di Indonesia dipimpin oleh seorang Mitra-Arkhimandrit); kebanyakan paroki keberadaan di Jawa dan ada di Medan, Pekanbaru (Riau), Singaraja (Bali), Manado, Kupang dan Jayapura, juga ada biara di Sumatera Utara (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Paskah Ortodoks di Solo (www.friendsofindonesia.org)

Ortodoks Oriental: Aliran Ortodoks yang hanya mengakui tiga Konsili Ekumenis pertama s.d. Konsili Efesus pada Th 431, sebab itu mereka tidak diakui diofisitisme, doktrin lewat Konsili Khalsedon oleh Katolik serta Ortodoks Timur tentang dua kodrat Yesus Kristus, tetapi hanya doktrin miafisitisme, yaitu satu kodrat ganda yang terdiri dari dua (ilahi dan manusiawi). Saat ini keberadaan 6 Gereja Ortodoks Oriental saudari mereka: Gereja Ortodoks Koptik (Mesir), Gereja Ortodoks Etiopia, Gereja Ortodoks Eritrea, Gereja Ortodoks Suriah, Gereja Ortodoks Suriah Malankara (India) dan Gereja Apostolik Armenia. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
- Yayasan Kanisah Ortodoks Syria (KOS) (syrian-orthodox.com) adalah cabang dari Gereja Ortodoks Suriah yang dipimpin oleh Patriark yang bertempat di kota Damaskus; di Indonesia seorang pribumi yang bergelar Syekhul Injil berkarya sejak 1996 dan pada 2013 mendaftar Yayasan yts ini yang berpusat di Malang, ada juga jemaatnya di Jakarta, Surabaya dan Bandung; gereja belum punya imam (berkerja sama dengan imam di Singapura); bahasa liturgi ialah bahasa Arami (Syria);
- Gereja Kristen Ortodox Koptik di Indonesia (coptic.org.au facebook) adalah cabang dengan status Misi dari Gereja Kristen Ortodox Koptik di Malaysia di bawah kewewenangan Coptic Orthodox Diocese of Sydney, Australia; pusat sedunia Gereja Ortodoks Koptik di Mesir yang dipimpin oleh Paus Alexandria dan Patriark; misi di Indonesia sejak 2012, pada 2014 mendirikan Yayasan Ortodoks Koptik di Indonesia dengan biara seminari serta rumah asuh Bunda Sang Terang Sejati di Jakarta, berpusat di Batam, Kepulauan Riau; bahasa liturgi ialah bahasa Koptik serta Arab;
- Gereja Nasrani Indonesia (GNI) (nasraniindonesia.org), Nazarene, merupakan cabang dari salah satu gereja Ortodoks Oriental non-kanonik, yakni Orthodox Catholic Church of the New Age di Australia, Uskupnya Agung pada 2014 mentahbiskan seorang Batak sebelum beriman Protestan dan Ortodoks Timur sebagai Uskup untuk wilayah Indonesia (gereja didirikan pada 2013 berdasar jemaah dari sekelompok semitik Assembly of Jerusalem); Gereja di Australia memisahkan diri dari Gereja Ortodoks Suriah (beraliran Ortodoks Oriental), tapi memiliki garis silsilah juga dari Gereja Asiria dari Timur (beraliran Nestorian); meyakini ide Roh Kudus sebagai Dewi dan reinkarnasi; paroki ada di Jawa dan Sumatera Utara (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Kanisah Koptik di Jakarta (sumber foto facebooknya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar