Hindu

PANDUAN ALIRAN DAN ORGANISASI HINDU DI INDONESIA

Hindu (bahasa Sanskerta "Sanatana Dharma", yakni Darma Abadi) adalah agama kuno India yang tertua dari yang tetap ada, dibawa ke India oleh bangsa Arya asal Siberia dan menimba sejumlah peribadatan pribumi. Regweda bagian tertua dari Sastera Suci (Sruti) Caturweda diciptakan oleh penyair-penyair suci Maharesi pada milenium ke-2 SM. Hindu sangat bermutasi dari waktu ke waktu. Pada periode Weda peran utama dimainkan oleh dewa-dewa seumpama Indra, Waruna, Agni, Surya, dll, kemudian beralih ke penghormatan tentang Trimurti atau Sang Hyang Trisakti (Brahma, Wisnu dan Siwa) dan dewa-dewi lainnya. Terlepas dari Caturweda ialah Upanisad, Agama (Tantra), Itihasa (Ramayana dan Mahabharata, termasuk Bhagawadgita), Dharmasastra, dll. Hindu adalah "sungai" yang mengalir kedalam banyak aliran berbeda secara signifikan. Yang utama adalah Saiwa, Waisnawa, Sakta dan Smarta serta 6 mazhab filsafat (Wedanta, Waisesika, Samkhya, Yoga, Nyaya dan Mimamsa). Praktek-praktek antardenominasial Hinduis bagai Tantra, Yoga dan Bhakti meskipun kadang-kadang mungkin ada umat-umat khusus. Hampir seluruh Hindu, dengan pengecualian langka, yang ditandai dengan keyakinan dalam kesucian Weda, Samsara serta Penitisan, Karma dan Moksa. Umat agama ini merupakan kebanyakan di India dan Nepal.
 Di Indonesia Hindu yang tersebar pada abad-abad pertama Masehi (di Pulau Panaitan dekat Jawa Barat ditemukan arca berupa Ganesa dan Siwa dari abad pertama Masehi). Negara Hindu tertua (sejak abad ke-4 M) dikenal adalah Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur (Th 350-1605) dan Tarumanagara di Jawa Barat (Th 358-669). Hindu waktu lama didominasi di Jawa dan beberapa pulau lainnya, semisal: Kalingga yang kerajaan Jawa abad ke-6-7 di mana bangunan percandian Dieng, Kuripan yang kerajaan orang Banjar dan Dayak sampai Th 1387 di Kalimantan, Wajo yang kerajaan Bugis di Sulawesi sampai Th 1607 dikepalai oleh Batara Wajo, kerajaan Hinduis di Jawa yang terakhir ialah Blambangan oleh orang Osing di Banyuwangi (1536-1580). Sekarang, Hindu hanya sekitar 2% dari penduduk Indonesia (pada khususnya di antara orang Bali, Tengger, Manusela, Nuaulu dan sebagian Dayak dan Bugis). Di Indonesia (Kampung Madras di Medan, Jakarta, dll) sejak Th 1870-an berada komunitas orang India-Indonesia (suku Tamil dan juga Sindhi, Punjab, Bengali, Malayalee, Telugu, Rajasthani (Maheshwari), dll), begitu Tamil tiba di perkebunan tembakau di Sumatra Utara dan kaum pedagang Sindhi tiba di Jawa. Ada beberapa gerakan mengampanyekan kembalinya umat Islam kepada agama Hindu tua. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Sesaji Hindu Bali (www.beritahindu.com)
Percandian Dieng (abad 7) Jawa Tengah (www.wikimedia.org)

Percandian Prambanan (abad 9) Yogyakarta (www.wikimedia.org)

Candi Hindu dan Buddha di Indonesia (www.wikimedia.org)

Peta persebaran umat Hindu di Indonesia (www.wikimedia.org)

Saiwa (Hindu-Siwa): Adalah salah satu aliran utama dalam Hindu, yang memuja Dewa Siwa dan diartikan Dia sebagai yang tertinggi atau satu-satunya Tuhan (bagai mazhab Linggayata). Astamurti adalah bentuk umum dari Siwa di delapan manifestasi (Rudra, Mahadewa, dll). Ajarannya yang ditetapkan dalam teks 92 agama (tantra) Saiwa, Siwapurana, Tirumurai, dll. Tujuan utamanya telah bergabung dengan Paramasiwa (Brahman) yang aspeknya impersonal tertinggi. Di Indonesia dalam kerajaan Jawa Medang (Mataram) pada dinasti Saiwa itu bangunan yang terkenal di dunia kompleks dari 240 Candi Prambanan (abad ke-9 M). Di Bali Hindu ada sejak abad ke-8 M atau sebelumnya. Hindu Bali disebut Agama Hindu Dharma atau Agama Tirtha (Agama Air Suci). Agama Bali mengandung banyak unsur kepercayaan asli dan agama Siwa-Buddha dari Majapahit, tetapi secara umum harus dalam bentuk Hindu Saiwa dan filsafat India Selatan Saiwa Siddhanta. Menurut umat beragama Bali, itu adalah sumber dari semua manifestasi Acintya ("Yang tak terpikiran") atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa (di tempat suci Dia digambarkan sebagai sosok laki-laki yang dikelilingi oleh sinar matahari). Sistem teologis Pancadewata dan Dewata Nawa Sanga menempati Siwa di posisi sentral. Beberapa desa subsuku Bali Aga melestarikan upacara yang ada di Bali sebelum dimasukkan dalam Kekaisaran Majapahit dan penjawaannya. Baru-baru orang Tengger, subsuku orang Jawa yang hidup di pegunungan Bromo (Jawa Timur), siapa melestarikan agama Hindu tua (agama Hindu-Buddha Tengger) mulai mengikuti Hindu Bali sebagai Hindu yang lebih diselenggarakan. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
► Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) (phdi.or.id) adalah organisasi Hinduis terutama yang berpusat di Jakarta bagi orang Bali, termasuk Bali Aga, di bawah naungan PHDI selaku "payung" pula Agama Hindu-Buddha orang Tengger dan beberapa jemaah lain; sebelum PHDI di Bali telah muncul beberapa wadah, antarnya Suita Gama Tirtha pada 1921 di Singaraja, Sara Poestaka pada 1923 di Ubud, Surya Kanta pada 1925 di Singaraja, Perhimpunan Tjatur Wangsa Durga Gama Hindu Bali pada 1926 di Klungkung, Paruman Para Penandita pada 1949 di Singaraja dan Majelis Hinduisme pada 1950 di Klungkung; sebelum Th 1959 Agama Hindu Bali dimasukkan hanya dalam aliran kepercayaan: pada 1953 di Daerah Bali didirikan Dinas Agama Otonom, pada 1956 didirikan Bagian Urusan Hindu Bali dalam Kantor Agama Propinsi Nusa Tenggara, akhirnya sejak 1959 menjadi Bagian Urusan Hindu Bali di Departemen Agama RI; sebentar lagi perolehan status agama resmi, pada 23 Pebruari 1959 oleh beberapa organisasi agama di Bali (Satya Hindu Dharma, Bali Dharma Yajna, Majelis Hinduisme, Perhimpunan Buddhis Indonesia, Partai National Agama Hindu Bali, dll) didirikan Parisada Dharma Hindu Bali (kelak bernama PHDI); terpimpin oleh Sabha Pandita (Dharma Adyaksa), Ketua Sabha Walaka dan Ketua Pengurus Harian Pusat;
► Komunitas orang India-Indonesia: Perhimpunan Shri Mariamman Medan (melakukan pimpinan kuil Hindu Tamil tertua yang dibangun pada 1884); Shri Siwa Mandhir (pluitsrinivasar.org) (memimpin kuil Sindhi di Pluit Jakarta yang dibangun pada 1954); Jakarta Ayyappa Seva Sangam (JASS) (jakartaayyappa.com), dll; hingga 1965 berada organisasi Tamil, Deli Hindu Sabah (sejak 1913) dan Adi-Dravida Hindu Sabah; dalam kebanyakan kasus orgaanisasi yts beraliran Saiwa (bakti kepada Dewa-Dewi Siwa, Murugan, Mariamman, Kali, Pillaiyar); kuil-kuilnya antar lain: Shri Mariamman di Medan dan Binjai, Shri Kaliamman dan Shri Maha Siva Sakti di Medan, Shri Raja Rajesweri Amman di Binjai, Durga Maa di Tangerang, Anandpur Durbar, Shri Siva Mandhir, Jai Kali Maa Mandir dan Devi Mandhir di Jakarta;
► Universitas Hindu Indonesia (UNHI) (unhi.ac.id persmaunhi.blogspot.com) adalah perguruan tinggi Hindu Negeri di Denpasar, Bali (dahulu bernama Institut Hindu Dharma), didirikan 1963;
► Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar (ihdn.ac.id) di Denpasar dan Bangli, Bali, didirikan 2004;
► Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja di kota Singaraja, Bali, sebelum dinamakan Insititut Hindu Dharma Negeri Singaraja sebagai cabang dari IHDN Denpasar, memisahkan diri dan berubah status menjadi STAHN pada 2016;
► Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Gde Pudja Mataram (stahn-gdepudja.ac.id) di Mataram, Lombok, didirikan 2001 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Siwa Mahadewa, Prambanan (www.wikimedia.org)

Para pendeta Tengger (www.wikimedia.org)

Logo PHDI

Denah pura Bali (www.wikimedia.org)

Pura sentral di Besakih, Bali (www.wikimedia.org)

Sri Raja Rajesweri Amman Kuil, Binjai Sumatra (www.mullimalar.in)

Durga Puja di Shiva Mandhir, Jakarta (www.washingtonbanglaradio.com)

Waisnawa (Hindu-Wisnu): Adalah salah satu aliran utama lain dalam Hindu, yang memuja Dewa Wisnu beserta manifestasi dan awataranya (Narayana, Kresna, Rama, Narasimha, dll). Doktrin tentang awatara (jelmaan) sebagian hadir dalam Saiwa, tetapi sangat lazim di Waisnawa. Aliran ini didasarkan teks-teks Pancaratra agama, Wisnu dan Bhagawatapurana, Ramayana dan Mahabharata, termasuk Bhagawadgita, Diwya Prabhandham, dll. Di dalam Waisnawa terutama umum dipraktikkan Bhakti, menurut Bhagawatapurana, cinta kepada Bhagawan yang aspek Tuhan personal lebih tinggi daripada pencapaian Brahman impersonal. Di Indonesia aliran ini pernah kurang umum daripada Hindu-Siwa. Semisal, Purnawarman yang raja ketiga Kerajaan Tarumanagara mengidentifikasikan dirinya dengan Wisnu. Menurut legenda, pada abad ke-8 di Jawa dan Bali mengajar mahaguru Waisnawa dari India Rsi Markandeya. Di Bali minoritas Waisnawa punya beberapa  pura, antarnya Pura Luhur Waisnawa Jati Luwih (Penebel, Tabanan) dan Pura Pedharman di Gunung Agung (Besakih). (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
► Maha Warga Bhujangga Waisnawa (MWBW) (Facebook bhujangga-waisnawa.blogspot.com pesramanmayabumipadangjerak.blogspot.com bhujanggawaisnawa.indonesianforum.net) atau Keluarga Besar Bhujangga Waisnawa adalah kelompok Waisnawa di Bali dan kepulauan lain, pusat di Denpasar, Bhujangga berarti cendekiawan, menyatukan sekitar 4 pura besar dan 20 pendeta (wiku, sulinggih), dipimpin oleh Sabha Agung Sulinggih;
► Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha (BAPS Swaminarayan Sanstha) (baps.org swaminarayan.org) adalah salah satu kelompok Waysnawa internasional, Swaminarayan Sampraday, dengan bakti kepada dewa-dewi Narayana, Laxminarayan, Radha, Krishna, dan filsafat Vishishtadvaita, berpusat di Ahmedabad, Gujarat, India; pendirinya Swaminarayan (Sahajanand Swami) (1781–1830) pada 1800 berlaku sebagai Bhagawan, awatara Narayana, gerakan pengikutnya utama mengakui hanya Beliau sebagai Dewa (kini itu International Swaminarayan Satsang Organisation (ISSO) di bawah Nar Narayan Dev Gadi, Ahmedabaddan dan International Swaminarayan Satsang Mandal (ISSM) di bawah Laxmi Narayan Dev Gadi, Vadtal (Gujarat); sebenarnya BAPS memisahkan diri dari gerakan utama  pada 1907 dengan guru Shastriji Maharaj (1865-1951) dan kepercayaan kepada Guru hidup selaku jelmaan Purushottam (Brahman); di Indonesia memiliki cabang di Jakarta dan Denpasar;
► Wisnu Budha / Eka Adnyana (wisnubudaekaadnyana.blogspot.co.id) adalah sekelompok kepercayaan Waisnawa Buddha cenderung ke ajaran zaman Majapahit serta gerakan Kebatinan dengan pusat di Denpasar, Bali, didaftar pada 1980;
► Badan Keluarga Kebatinan Wisnu adalah sekelompok kepercayaan Waisnawa cenderung ke ajaran zaman Majapahit serta gerakan Kebatinan, berpusat di Semarang, didaftar pada 1980 (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Logo MWBW

Pasraman MWBW, Singaraja Bali (via Facebook)
Upacara Wisnu Budha (www.wisnubudaekaadnyana.blogspot.co.id)

Hindu lokal: Jajaran masyarakat Indonesia bawah didominasi Hindu di zaman kerajaan Hindu lalu telah mengalami kepercayaan asli berubah ke Hindu, ke tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, menyebabkan berbagai sistem-sistem kepercayaan sinkretis. Hukum RI tentang enam agama saja juga menjadikan integrasi antara agama tradisional dengan Agama Hindu. Dalam beberapa kasus, sulit untuk mengatakan, ada Hindu lokal atau kepercayaan asli. (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
► Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MBAHK) adalah organisasi terutama buat orang Dayak Hindu (suku-suku Ngaju, Lawangan, Katingan, Maanyan, Ot Danum dan Ot Siang) di Kalimantan Tengah; pada Th 40-50-an abad ke-20 orang Dayak Kaharingan (artinya Kehidupan) mempunyai propinsi sendiri KalTeng dengan gubernur pahlawan nasional RI Major Tjilik Riwut yang mendukung agama tradisional; pada 1950 Konggres Kaharingan pertama dibentuk organisasi dengan nama Serikat Kaharingan Dayak Indonesia (SKDI) dan pada 1972 didirikan Majelis Besar Alim Ulama Kaharingan, tapi hanya pada 1980, setelah integrasi Agama Kaharingan dengan Agama Hindu, Pemerintah RI mengalihkan status agama ini dari kepercayaan ke status resmi sebagai bagian dari Hindu dan mendaftar organisasi keagamaan bernama MBAHK dengan pusat di Palangka Raya; menurutnya Kitab Suci adalah Weda dan Panaturan yang diterima oleh Raja Bunu dan para pendeta (Basir); nama Tuhan Tertinggi adalah Ranying Hatalla Langit atau Sang Hyang Widhi Wasa; persembahyangannya dengan cara Yadnya (korban) dan  berkumpul mingguan (Basarah) di rumah-rumah umum (Balai Basarah) untuk mendengar khotbah;
► Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STAHN-TP) (stahntp.ac.id) adalah perguruan tinggi Hindu Kaharingan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, didirikan pada 2001, sedang perubahan status ke Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP);
► Hindu Tolotang berarti Hindu orang Selatan yang merupakan salah satu nama orang Bugis di Kab. Sidenzeng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan; pada 1980 agama tradisional ini bersama agama Dayak mendapat status agama resmi sebagai agama Hindu (sejarah Hindu situ mulai pada abad ke-14, zaman kerajaan Gowa dan Wajo); menurutnya Tuhan Yang Maha Esa adalah Dewata SeuwaE (Siwa) atau PatotoE (Yang Menentukan Takdir), istrinya Datu Palinge, yang pada zaman prasejarah telah turun di dunia sebagai Batara Guru, kemudian Tuhan menerunkan Wahyu (Kitab Suci yang Wiracarita La Galigo dan lain ditulis dalam Lontara) kepada manusia yang diterima oleh La Panaungi; Kepala suku Bugis La Patroi, Addatuang Sidenreng ke-7 yang mendirikan agama ini pada awal abad ke-17;
► Hindu Naurus adalah agama suku Manusela dan Nuaulu di Pulau Seram, Maluku; unsur-unsur Hindu serta sebutan diri sebagai orang Hindu dimasuki ke dalam kepercayaan asli penduduk Seram dari kerajaan Hindu-Buddha di pulau Mindanao (kini Filipina), tata aliran Hindu Naurus mencakupi dewa-dewa dari wiracarita Ramayana, yakni Rama (Rabie) serta Hanuman (Hainuwele) dan naga-naga, ada kepercayaan terhadap Allahatala tertinggi pula (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)

Balai Basarah Tampung Penyang, Palangka Raya (www.panoramio.com)

Kumpulan Kaharingan di Balai Basarah,, Tumbang Malahoi  (www.selviagnesia.wordpress.com)

Mahasiswa/i Hindu Kaharingan (www.stahntp.ac.id)

Kaum Bugis Hindu Tolotang (www.kompasiana.com)

Neo-Hinduisme (Hindu Baru): Istilah ini disebut gerakan-gerakan Reformasi dalam agama Hindu yang muncul dari abad ke-19 (semisal, Brahmo Samaj oleh Raja Rammohun Roy, Arya Samaj, Misi Ramakrishna). Spektrum ajaran-ajaran sini berkisar dari penyembahan dimodernisasi kepada beberapa dewa-dewi Hindu (misalnya, Kresna) ke Universalisme yang sedikit seperti Hindu tradisional. Biasanya dilakukan paham vegetarian. Untuk semua neo-Hindu karakteristik memberitakan kepada semua orang di dunia terlepas dari kasta dan kebangsaan (seperti paham dahulu di antara gerakan anti-brahmana Bhakti). (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
► Chinmaya Mission Jakarta (chinmayamission.com Facebook) adalah cabang dari organisasi neo-Hindu fundamentalis oleh Svami Chinmayananda Sarasvati (1916-1993), seorang bangsawan Malayali, murid oleh Shivananda, presiden pertama Vishva Hindu Parishad, yang berpusat di Mumbai (India), berdasarkan filsafat Adawayta-wedanta dan melaksanakan jnyana-yajna, y.i. pengajaran tentang Upanisad dan lain sastera kuno, membangun kuil, sekolah dan rumah sakit, bertujuan mempersiapkan para misionaris untuk negara-negara Barat;
► Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) (iskconid.org) atau Masyarakat Internasional Kesadaran Krisyna adalah paling umum di dunia gerakan neo-Waisnawa Kresna dan Bhakti Bengali yang didirikan pada 1966 di Amerika Serikat oleh A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada (1896-1977) berasal dari India, suku Bengali; Beliau mengikuti ide-ide Chaitanya, yang dihormati sebagai penjelmaan dari kedua Kresna dan Radha pada abad ke-16; Kitab Suci dasar ialah Bhagawadgita serta Bhagawatapurana; dipraktekkan Bhakti Yoga (mengingat tetap Dewa Kresna), kirtan (nyanyian umum mantra Hare Krisyna disertai musik); menurutnya, jiwa individu Bhakta tidak larut dalam Tuhan, tapi selalu menikmati persekutuan Dia di surga; Masyarakat Internasional Kesadaraan Kresna (kantor pusat di Mayapur, Benggala Barat, India) merupakan serikat dari jemaah otonom; pendiri ISKCON mengunjungi Jakarta pada 1973, tapi gerakan ini masuk ke Indonesia pada 1980-an (jemaah pertama di Jakarta serta Bali) dan pada 2002 didirikan organisasi Sampradaya Kesadaran Krishna Indonesia (ISKCON SAKKHI) di bawah naungan Parisada Hindu Dharma; pada 2015 SAKKHI berubah menjadi organisasi agamawi mandiri ISKCON;
► Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia dan Sai Study Group Indonesia - Central Council Indonesia (saicenterindonesia.blogspot.com) adalah organisasi neo-Wedanta Universal didirikan oleh Sathya Sai Baba (1926-2011) berbangsa Telugu, Organisasi Sri Sathya Sai Internasional denang pusat di Puttaparthi, Andhra Pradesh, India; menyatakan kesatuan semua agama, berkenalan Awatara-Awatara Tuhan adalah Kresna, Buddha, Kristus, kudus muslim Sai Baba dari Shirdi, dirinya, dll; salah satu gerakan Hindu yang paling luas di Indonesia di mana ada beberapa Koordinator Wilayah (Korwil) serta 92 pusat, dan sejarahnya di sini mulai via pusat Sai Mandir di Pasar Baru Jakarta yang semula berkait dengan komunitas India Sindhi;
► Ananda Marga Pracaraka Sambha (AMPS) Indonesia  (anandamarga.tripod.com yameraws.wordpress.com  manilasector.iconsultancy.info) adalah organisasi neo-Tantra internasional dengan pusat di Ananda Nagar (Benggala Barat, India), namanya berarti "Jalan Menuju Kebahagiaan Sejati", guru pendiri Srii Srii Anandamurti (1921-1990) berbangsa Bengali; tujuan meditasi, kirtan, tarian dan yoga adalah senyawa energi dalam tubuh manusia dengan Kesadaran Agung Parama Purusa, Siwa dipahami sebagai Mahaguru Tantra yang tinggal di Himalaya; guru-guru biasanya biarawan; gerakan mempromosikan ide politiknya sendiri tentang pemerintah dunia moral dan ekonomi sosial yang adil; organisasi pada 1970-an sementara dilarang di India, sekarang semua pembatasan dicabut; di Indonesia, yang berlaku sejak 1980, kantor regional di Jakarta merupakan bagian dari Ananda Marga Manila sektor; buat pelaksanaan program sosial didirikan Yayasan Ananda Marga E.R.A.W.S. yang berpusat di Batam, Kepri;
► Sahaja Yoga Indonesia (sahaja-indonesia.net) adalah organisasi dan praktik neo-Tantra dan Universal, didirikan oleh Shri Mataji Nirmala Devi (1923-2011), seorang wanita bangsawan Marathi dari keluarga Kristiani, di mana gagasan Tantra tradisional, ibarat kelompok Waisnawa Sahajiya (abad ke-17), tentang membangkitkan energi Kundalini (Adi Sakti) dan pusat-pusat energi dalam tubuh (Cakra) terhubung dengan masing-masing chakra sesuai dari Dewa-Dewi dan inkarnasinya dari Hindu dan agama-agama lain (Sita dan Rama, Perawan Maria dan Yesus, dll); praktek dasar adalah meditasi tanpa berpikir; organisasi dasar internasional yang "Vishwa Nirmala Dharma" (Agama Universal Murni);
► Sadhu Vaswani Center (sadhuvaswani.org) di Jakarta, cabang dari Sadhu Vaswani Mission yang berpusat di Pune, Maharashtra, India (semula di kota Hyderabad, kini di Pakistan, di bawah nama Sakhi Satsang), organisasi mengikuti spiritualitas Bhakti Universal dari gerakan Sant Mat, khususnya tokohnya putri penyair Mira Bai serta guru pendiri Sikhisme Nanak; guru pendiri kelompok tersebut ialah Sri Sadhu T.L. Vaswani (1879-1966) berbangsa Sindhi, Santa Mira adalah pelindung Misi ini, jemaah di Jakarta terutama terdiri dari orang India Sindhi;
 Brahma Kumaris Yayasan Study Spiritualitas (brahmakumaris.org/indonesia) adalah organisasi neo-Saiwa yang namanya berarti Putri-putri Brahma, pendiri Dada Lekhraj atau Prajapita Brahma (1884-1969) berbangsa Sindhi dari India (wilayah masa kini Pakistan); menurut wahyunya, satu-satunya Tuhan adalah Siwa atau Mahajiwa yang tidak Pencipta, karena sisa jiwa-jiwa lain (dewa Trimurti Sankar, Wisnu dan Brahma, serta orang-orang) dan materi sedang berada selamanya; semua pengikut harus bermeditasi dan mengamati pembujangan atau gaya hidup kawin tanpa bersetubuh; sebelum merdeka India organisasi dilarang, saat ini pusatnya di Mount Abu, Rajasthan, India, sejak 1982 ada umat Indonesia di Jakarta, Surabaya dan Bali (Denpasar, Singaraja, Ubud);
► Haidakhandi Samaj Indonesia (haidakhandisamaj.org/centres/j-r/indonesia/
indonesianhaidakhandisamaj.blogspot.co.id) adalah organisasi neo-Saiwa internasional (diwartakan sebagai non-denominasial), pendiri - Shri Haidakhan Wale Baba (Babaji) yang muncul di 1970-1984-an di daerah suku Kumaoni di Uttarakhanddan dan dianggap sebagai reinkarnasi dari pendiri Kriya Yoga Mahavatar Babaji; dipraktekkan pembacaan mantra "Om Namah Shivaya ", menyatakan kesucian tenaga kerja (karma yoga); di India organisasi yang didirikan pada 1980 dengan pusat di Haidakhan Babaji Ashram (Uttarakhanddan, India), ada cabang di Denpasar dan Pujungan, Pupuan Tabanan (Bali);
► Meditasi Transcendental - Indonesia (tmindonesia.com tmindonesia.wordpress.com) adalah gerakan neo-Wedanta Universal oleh guru pendiri Maharishi Mahesh Yogi (1918-2008) berbangsa Marathi, menawarkan teknik psikologis relaksasi yang tersedia setiap, di mana orang mempraktekkan Kesadaran Diri (transenden berarti yang melampaui); hampir tidak ada dalam ajaran terminologi keagamaan, tetapi bentuk meditasi ini melibatkan keterlibatan dalam lapisan tipis ruang; gerakan ini terdiri dari sejumlah berbagai organisasi dengan pusat di Amerika Serikat dan India;
► Yayasan Anand Ashram: Center for Holistic Health and Meditation (anandkrishna.org anandashram.or.id) adalah organisasi Universal sinkretis dari neo-Hindu Sai Baba, Yoga Kundalini, Ayurweda, Buddha Reiki, Islam Sufi, kepercayaan asli (Ibu Pertiwi sebagai perwujudan Indonesia), yang didirikan pada 1991 oleh Anand Krishna (lahir pada 1956 di Jawa), guru, Doktor, keturunan India (Sindhi)-Indonesia, mantan Sekretaris Nasional Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, penulis buku Meditasi dan Neo Zen Reiki, dll; selain yayasan ini didaftarkan beberapa badan lain, antarnya Koperasi Global Anand Krishna (Anand Krishna Global Co-operation); mengutamakan praktik meditasi serta penyembuhan tapak tangan (Reiki); memiliki sentra-sentra di Jakarta, Bogor, Jogyakarta, Solo, Semarang, Kuta (Bali);
► Sahasra Adhi Pura (sahasraadhipura.org) merupakan tempat ibadat kepada Mahadewi di luar kota Surakarta dan kelompok Hindu Jawa baru oleh yogi W. Hardjanta Pradjapangarsa yang mempromosikan Yoga Kundalini; di antara proyeknya ARGO (Thousand Temples Project) dan Global Metaphysical Institute (Bahan oleh Dr. Igor Popov, LLM)
Festival ISKCON-Kesadaran Krisyna (www.iskconid.org)

Altar Sai Baba, Yogyakarta (www.saicenterindonesia.blogspot.com)

Kelas yoga bebas Ananda Marga, Denpasar (www.baliyoga-anandamarga.com)

Haidakhandi Samaj Indonesia (www.indonesianhaidakhandisamaj.blogspot.co.id)

Yoga di Anand Ashram (www.anandashram.or.id)

Sahasra Adhi Pura, Surakarta (www.sahasraadhipura.org)

Komentar

  1. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui AKI DARMO saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan AKI DARMO,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan AKI DARMO yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti, AKI DARMO juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penglaris jualang silahkan hubungi AKI DARMO di 082-310-142-255 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya –ATAU KTIK ALAMAT BLOG AKI -http://pendidikan-merangin.blogspot.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

KERUKUNAN UMAT HINDU DAN ISLAM DI PURA LINGSAR LOMBOK

Patung Buddha di Vihara Tanjung Balai Pecinan Digusur Karena Dianggap Menghina Agama Islamis

Festival Hindu Kaharingan ke-8 Provinsi Kalimantan Tengah