Jamaah Naqsabandiyah laksanakan puasa Ramadhan hari pertama

Sejumlah jamaah tarekat Naqsabandiyah di kota Padang, Sumatera Barat melaksanakan puasa Ramadhan 1438 Hijriyah hari pertama, Kamis, Antarasumsel.com mewartakan. Salah satu jamaah di Kecamatan Kuranji Padang, Ummi Elli mengaku melaksanakan puasa karena sudah mendapat pengumuman dari pengurus tarekat seminggu lalu.
 "Tidak ada yang berbeda dari tata cara puasa kebanyakan, malam tarawih dan subuh sahur," ujar perempuan paruh baya tersebut. Dia meyakini untuk berpuasa meski sebagian besar masyarakat akan melaksanakan puasa pada Sabtu (27/5). "Saya sudah tarawih semalam meski tidak di masjid," sebutnya. Terkait benar atau tidak perhitungan tarekatnya dengan organisasi Islam lainnya dirinya hanya menyerahkan pada yang Kuasa. "Saya sudah menahun mengikuti arahan dari tarekat, hanya Allah yang tahu betul atau tidaknya," tambahnya. Warga lain Komar meyakini perhitungan tarekatnya berdasarkan bulan Ramadhan saat turunnya Quran adalah benar. Dalam Tarekatnya, katanya Ramadhan dihitung malamnya sehingga bila diukur semenjak zaman Rasulullah lalu berulang ratusan tahun hingga sekarang, maka hari ini Ramadhan. Meskipun demikian dia tetap menghormati masyarakat yang belum melaksanakan puasa. "Keyakinan kita berbeda masing-masing, yang penting sama sama Islam," ujarnya.
 Sementara itu pimpinan tarekat Naqsabandiyah yang juga ustadz di Musala Baitul Makmur Kecamatan Pauh Padang, Syafri Malin Mudo mengatakan jamaahnya sebagian besar telah melaksanakan puasa hari ini. Meskipun demikian masih ada yang belum berpuasa pihaknya tetap menghormati. Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Padang, Japeri mengatakan terkait perbedaan jadwal puasa ini pihaknya telah berkoordinasi dengan tarekat terkait. Dia mengaku selalu berdiskusi dengan berbagai organisasi Islam dan tarekat setiap penentuan awal Ramadhan. Hanya saja, tambahnya harus dihormati setiap pilihan masyarakat selama tidak menyimpang dari ketentuan agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar