10 Tahun Buddhayana Dharmawira Center, Wihara untuk Semua Umat Buddha

Minggu (13/5) pagi, Wihara Buddhayana Dharmawira Center (BDC), Surabaya telah ramai dipadati oleh umat Buddha Surabaya. Di lantai satu tampak ramai masyarakat yang sedang mengantre untuk berobat. Mereka adalah masyarakat lintas agama dari sekitar wihara yang ikut dalam bakti sosial pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh wihara.
Mengikut pemberitaan dari laman "buddhazine.com", sementara itu, di gedung lama wihara ini terlihat keceriaan anak-anak sekolah Minggu bermain dan berlatih menyanyi untuk mengisi rangkaian perayaan ulang tahun ke-10 BDC Surabaya. Lantai dua pun tak kalah ramai, di aula gedung wihara ini tampak ibu-ibu yang sedang menyiapkan makanan untuk umat Buddha dan masyarakat yang hadir. Selain para ibu-ibu, di lantai dua juga dipadati oleh anak-anak muda yang sedang mempersipkan pentas barongsai dan pertunjukan silat. Sedangkan pada lantai tiga, ruang dharmasala terdengar lantunan sutra. 
 Dipimpin oleh para bhikkhu ratusan umat Buddha membacakan sutra-sutra Mahayana dalam bahasa Mandarin. Tak hanya itu, sebagai salah satu rangkaian upacara puja bersama para bhikkhu, umat juga melepaskan satwa burung dan ikan atau fangsen. Selesai fangsen, umat kembali ke dharmasala dan melanjutkan membacakan sutra hingga meditasi dan ceramah Dharma. “Hari ini kita semua berbahagia, sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Waisak yang memperingati tiga peristiwa penting. Hari ini, rumah bersama umat Buddha Surabaya ini juga memperingati tiga peristiwa penting yaitu; 10 tahun berdirinya Yayasan Buddhayana Dharmavira, 8 tahun berdirinya wihara ini, dan hari ini juga kita ada pemberkahan dan pelantikan Yayasan Buddhayana Dharmawira Center yang dilaksanakan pagi tadi,” tutur Bhante Viryanadi, pembina Wihara BDC, Surabaya dalam ceramah Dharmanya. Sementara itu, Hudi Suharto, salah satu pengurus Wihara BDC Surabaya menyampaikan bahwa, BDC Surabaya adalah rumah bersama umat Buddha. “Di wihara ini semua orang diterima dengan tangan terbuka, karena pada dasarnya wihara ini didirikan untuk berbuat baik mendalami spiritual dan berbuat kebajikan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar