Pendeta Muda Asal Nias Melinda Zidemi Dibunuh, masih tiada bukti motiv keagamaan ekstrimis

Seorang perempuan muda yang kabarnya berprofesi sebagai pengurus gereja sekaligus pendeta di Sungai Baung, Kabupaten OKI Sumatera Selatan (provinsi dengan kebanyakan mutlak Muslim, - catatan dari Dr. Igor Popov, LLM), dibunuh. Identitasnya bernama Melinda Zidemi.
Dodi, pekerja PT Sawit Mas Persada yang dihubungi Tribunsumsel.com mengatakan, Melinda dikenal ramah dan baik pada warga dan pekerja di sana. "Dia sering datang dan mengajak warga ngobrol dan bercerita. Pokoknya setahu saya sangat ramah dan peduli," kata Dodi. Sehari sebelum mayatnya ditemukan Dodi juga sempat melihat Melinda yang datang bersama seorang anak kecil ke Divisi 1. Mengikut pemberitaan dari laman "TRIBUN-MEDAN.com", sementara Melinda sendiri tinggal di mess yang ada di divisi 4 perekebunan PT SM. Informasi peristiwa ini mula-mula disebarkan oleh akun facebook Dodi, Selasa (26/3) pagi. Ia mengunggah foto semasa hidup dan TKP saat Melinda ini ditemukan. Tribun Sumsel menghubungi Dodi untuk memastikan peristiwa ini. Dodi mengatakan mayat perempuan muda ini ditemukan pada Selasa (26/3) pukul 06.00. Dodi menjelaskan, perempuan muda yang diketahui bernama Melinda itu merupakan pengurus gereja yang ada di areal perkebunan itu. Sore sekitar pukul 16.00 perempuan muda yang berasal dari Nias, Sumatera Utara itu datang ke Divisi 1 dari mess tempat tinggalnya di Divisi 4. "Jaraknya sekitar 2 kilometer. Dia datang mau ngurus gereja bersama anak kecil sekitar 11 tahun. Saat itu saya lihat sendiri mereka datang saat saya sedang bongkar bibit," katanya. Dari Divisi 1 sekitar pukul 17.00, Melinda dan anak kecil tadi pulang ke Divisi 4. Di tengah perjalanan, keduanya dicegat dua orang laki-laki. "Si anak berhasil meloloskan diri dan melapor ke Divisi 4," katanya. Sore itu semua orang lalu mencari Melinda. Akhirnya Melinda ditemukan pukul 06.00 pagi. Saat ini tribunsumsel.com masih mencoba menghubungi pihak kepolisian untuk mengetahui detil resmi. Penemuan jasad korban juga dibagikan akun Facebook Ferniwati Zalogo. Dalam unggahannya terdapat 5 foto terdiri 3 foto wanita cantik dan 2 foto mayat. Dia menandai 6 akun lainnya Ferniwati Zalogo dalam unggahan menulis keterangan foto sebagai berikut: 
Selamat jalan cucu kami Melinda Zidemi semoga damai di sisi Bapa....
Kaget, sedih rasanya kami mendengar kabar mu pagi ini...
Belum diketahui kebenaran peristiwa tersebut. Namun, unggahan tersebut sudah menjadi viral. Akun facebook lainnya, Ferdianus Jebua Ferdin Jebua turut membagikan 3 foto penemuan mayat dan satu foto seorang wanita. Dia menulis keterangan berikut:
ini yang saudara kita yang tehala korba udah ketemu tp belum ketemu pelakunya. 
Nm cewek ni melinda jid6mi.
ini seorang pendeta kenapa dilakukan seperti ini sapae dibunuh.
Unggahan tersebut sudah hampir 700 kali dibagikan dan 300 komentar serta 800 emoticon. Dalam kolom komentar, Ferdianus Jebua Ferdin Jebua menyebut Sungai Baung, Sumatera Selatan. Penemuan mayat tersebut disebut pada Senin (25/3/2019) pukul 17.30 sore. Bahkan ada warganet menyebut korban akan menikah pada Juni nanti. Berikut komentar warganet di akun Facebook Ferdianus Jebua Ferdin Jebua Mega Menggo Gea Itu asal orgnya Nias selatan, kepulauan pulau Batu /Tello (Pulau Hibala) dia melayani kependetaan di Palembang.
@Anugerah Gaurifa Saya masih saudara nya MELINDA ZIDEMI kami sekeluarga turut berduka cita yg sedalam-dalam nya semoga keluarga yg di tinggalkan tabah dalam menghadapi kejadian ini.. dan semoga pelaku ny cepat ketemu dan di hukum yg setimpal dia perbuat.. Kronologi nya adek kami melinda zidemi dari Nias pulau Hibala sekolah di PALEMBANG DI GEREJA KRISTEN INJILI INDONESIA yg terletak di daerah sekojo palembang dan di tugas kan di Sungai Baung agak jauh dari kota dan kamarin sore dia bawak kendaraan sepada motor mau kepasar berdua sama anak kecil mau belanja sekitar jam 05 sore.. dan jenazah baru ketemu pagi tdi sekitar jam 06 mungki n besok atau lusa akn di bawa ke NIAS...
@Supri Mulyani Ya Tuhan kiranya Engkau beri kekuatan dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkannya dan semoga pelakunya cepat tertangkap
"Jadi dari informasi yang didapat korban sedang pergi bersama rekannya Nita Pernawan dari divisi 4 menggunakan sepeda motor Honda Revo warna hitam menuju pasar Jeti. Saat perjalanan pulang korban dihadang oleh orang tidak dikenal menggunakan kayu balok," ujar Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Selasa (26/3/2019). Lanjutnya, korban diperkirakan dihadang oleh dua orang pelaku yang datang menggunakan penutup muka atau wajah kedua korban dibekap dan dicekik oleh para pelaku sebelum dibuang ke dalam kebun.  "Korban masing-masing atas nama Melinda Zidoni dan Nita Pernawan diseret oleh pelaku kedalam sawit kemudian ke 2 korban dicekik dan tangan diikat menggunakan karet bekas ban dalam motor. Saat dicekik itulah korban Nita Pernawan pingsan dan dibuang di semak semak di areal perkebunan sawit, sedangkan korban Melinda dicekik hingga meninggal. Jarak antara tempat korban dicekik dan dibuang sekitar 100 meter," jelasnya. Menurutnya hingga saat ini pihak kepolisian Polres OKI tengah menyelidiki untuk mengungkap kasus tersebut. Diduga juga korban Melinda sebelum dibunuh oleh para pelaku diperkosa terlebih dahulu.  Supriadi mengatakan, dugaan itu muncul karena saat ditemukan, korban tidak mengenakan celana.  "Korban ditemukan dalam keadaan tidak menggunakan celana dan baju bagian atas terbuka. Dugaannya sempat diperkosa, tapi akan diperiksa lagi," kata Supriadi, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (26/3/2019). Supriadi mengatakan, kedua tangan korban juga diikat pelaku dengan ban dalam motor. Dalam kondisi tidak bisa melawan, pelaku diduga memperkosa korban dan mencekiknya hingga tewas. "Korban atas nama Nita Pernawan (9) pingsan setelah dicekik oleh pelaku, tapi selamat setelah ditemukan warga. Kedua korban ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi masing-masing," ujarnya.
 Pendeta GKII
Suasana tampak ramai terlihat di Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Sekojo Palembang. Karena mereka adalah teman-teman dari Melinda Zidomi yang menjadi korban pembunuhan dan ditemukan Sungai Baung Kabupaten OKI Sumatera Selatan. Teman-teman seangkatannya mengatakan bahwa Melinda statusnya sudah menjadi Pendeta dan tamat pada tahun lalu. "Iyo mas Dio tuh tamatan tahun lalu kalau dak salah tahun 2018," ujar salah satu teman laki-lakinya. Ia menambahkan bahwa jenazah akan dibawa ke sini (Gereja Kristen Injili Indonesia) untuk disembayangkan dan silakan. Lalu, akan dibawa keluarganya ke Nias, Sumatra Selatan. Namun ketika di mintai keterangan baik dari pihak gereja dan keluarganya mereka enggan berkomentar. Arisman Manai yang juga vikaris di Gereja GKII mengatakan, MZ sedang menjalani ikatan dinas sebagai vikaris di Sungai Baung selama dua tahun. Melansir kompas.com, Arisman mengaku, MZ sempat ingin meminta izin pada bulan Juni mendatang untuk melangsungkan pernikahan bersama tunangannya di Nias Selatan, Sumatera Utara. "Baru enam bulan bertugas di sini. Memang dia bilang bulan 6 mau menikah dengan tunangannya di Nias," kata Arisman saat berada di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang,Selasa (26/3/2019). Dilanjutkan Arisman, lokasi tempat korban ditemukan memang terbilang sepi dan jauh dari Gereja sekitar 4 kilometer. Selama ini, MZ memang sering berbelanja ke pasar mengajak muridnya di gereja. "NP itu muridnya di gereja, memang sering dipasar. Waktu ditemukan tangan dan kakinya diikat semua, punggung korban luka lecet seperti diseret," ujarnya. Sementara itu, Anugrah Gaurifa (25) yang merupakan keluarga MZ juga membenarkan jika korban dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan. "Iya memang mau menikah sama tunangannya. MZ sudah 5 tahun di Palembang kuliah di sini. Kalau tugas baru enam bulan," kata Anugrah. Anugerah MZ mengatakan, korban menamatkan jenjang strata 1 dan meraih gelar Sarjana Teologi Kependetaan di Sekolah Tinggi Teologi Injili Palembang pada 2018. Selama menempuh pendidikan, MZ tinggal di mess kampus. Jika sedang libur, korban sering berkunjung ke kediaman sepupunya di kawasan Sukabangun. "Setelah tamat kuliah, MZ ikatan dinas dan bertugas di Sungai Baung. Adiknya juga kuliah di sini di kampus yang sama," kata Anugerah saat ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang. Ia pun tak menyangka, jika video call MZ satu bulan lalu saat berada di Sungai Baung merupakan video call terakhir kalinya sebelum korban ditemukan menjadi korban pembunuhan. Dalam video call tersebut, MZ mengaku akan kembali berkunjung ke Palembang sebelum pulang ke Nias untuk menikah. "Terakhir kakak saya yang video call, korban bilang mau pulang ke Palembang dulu. Memang mau menikah dalam waktu dekat ini di Nias,"ujarnya.
 Pihak keluarga berharap polisi dapat cepat menangkap pelaku sehingga ia diadili atas perbuatan kejinya tersebut.

1 komentar:

  1. Thank for Baì viết hữu ích. Mình cũng muốn giới thiệu về một Công ty dịch thuật uy tín - Công ty CP dịch thuật miền trung - MIDtrans địa chỉ 02 Hoàng Diệu, TP Đồng Hới, tỉnh Quảng Bình có Giấy phép kinh doanh số 3101023866 cấp ngày 9/12/2016 là đơn vị chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật, phiên dịch dành các cá nhân. Hệ thống thương hiệu và các Công ty dịch thuật con trực thuộc: công ty dịch thuật sài gòn 247 địa chỉ 47 Điện Biên Phủ, Phường Đakao, Quận 1 TP HCM, dịch thuật bình dương : địa chỉ 123 , Lê trọng tấn, dĩ an, bình dương là nhà cung ứng dịch vụ dịch thuật uy tín hàng đầu tại bình dương viet translate : dịch vụ dịch thuật cho người nước ngoài có nhu cầu, giao diện tiếng Anh dễ sử dụng; dịch thuật công chứng quận 8 (tám) : nhà cung ứng dịch vụ dịch vụ dịch thuật phiên dịch hàng đầu tại Quận 8 (tám), TP HCM; công ty dịch thuật Đà Nẵng : Địa chỉ 54 Đinh Tiên Hoàng, Quận Hải Châu, TP Đà Nẵng chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật công chứng, dịch thuật chuyên ngành tại Đà Nẵng. Chúng tôi chuyên cung cấp các dịch vụ biên dịch và phiên dịch, dịch thuật công chứng chất lượng cao hơn 50 ngôn ngữ khác nhau như tiếng Anh, Nhật, Hàn, Trung, Pháp, Đức, Nga, Tây Ban Nha, Bồ Đào Nha, Ý, Ba Lan, Phần Lan, Thái Lan, Hà Lan, Rumani, Lào, Campuchia, Philippin, Indonesia, La Tinh, Thụy Điển, Malaysia, Thổ Nhĩ Kỳ..vv... Dịch thuật MIDtrans tự hào với đội ngũ lãnh đạo với niềm đam mê, khát khao vươn tầm cao trong lĩnh vực dịch thuật, đội ngũ nhân sự cống hiến và luôn sẵn sàng cháy hết mình. Chúng tôi phục vụ từ sự tậm tâm và cố gắng từ trái tim những người dịch giả.Tự hào là công ty cung cấp dịch thuật chuyên ngành hàng đầu với các đối tác lớn tại Việt nam trong các chuyên ngành hẹp như: y dược (bao gồm bệnh lý), xây dựng (kiến trúc), hóa chất, thủy nhiệt điện, ngân hàng, tài chính, kế toán. Các dự án đã triển khai của Công ty dịch thuật chuyên nghiệp MIDtrans đều được Khách hàng đánh giá cao và đạt được sự tín nhiệm về chất lượng biên phiên dịch đặc biệt đối với dịch hồ sơ thầu , dịch thuật tài liệu tài chính ngân hàng, dịch thuật tài liệu y khoa đa ngữ chuyên sâu. Đó là kết quả của một hệ thống quản lý chất lượng dịch thuật chuyên nghiệp, những tâm huyết và kinh nghiệm biên phiên dịch nhiều năm của đội ngũ dịch giả của chúng tôi. Hotline: 0947688883. email: info@dichthuatmientrung.com.vn . Các bạn ghé thăm site ủng hộ nhé. Cám ơn nhiều

    BalasHapus