Menteri Agama resmikan Sekolah Tinggi Hindu di Singaraja, Bali

Menteri Agama RI, H.Lukman Hakim Saifuddin secara resmi meresmikan Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja, setelah mengalami sejarah panjang  karena cikal bakalnya dari Sekolah Pendidikan Agama Hindu Negeri di Singaraja yang sudah bubar, kabarnya laman dewatanews.com. Peresmian STAH Negeri Mpu Kuturan sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri di bidang agama Hindu khususnya, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Lukman Hakim didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Gedung Laksmi Graha Singaraja, Selasa (22/03) siang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai meresmikan STAH Negeri Mpu Kuturan  kepada sejumlah awak media mengharapkan,  lembaga pendidikan tinggi bidang agama Hindu ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak saja masyarakat Bali, tapi Indonesia. ”Kami meyakini betul, ketika agama itu didalami dengan baik, dipelajari, diyakini dan diamalkan berdasarkan ilmu, maka nilai manfaat tidak saja dirasakan bagi yang mendalami menimba ilmu itu saja, tapi masyarakat luas,” kata H.Lukman Hakim Saifuddin. Sementara itu Gubernur Bali Made Mangku Pastika melalui sambutan tertulisnya mengatakan, STAH Negeri Mpu Kuturan hendaknyya mampu meningkatkan kwalitas SDM yang berkualifikasi dan berkompetensi tinggi sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah dan nasional. ”Keberadaan STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja ini, nantinya melahirkan insan yang berbudi luhur, jujur, disiplin, cerdas, kreatif, memiliki semangat dan pengabdian yang tinggi serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan,” kata Gubernur berharap. Dalam perjalanan tugas meresmikan STAH Negeri Mpu Kuturan di Singaraja ini, Menteri Lukman Hakim Saifuddin didampingi Dirjen Bimas Hindu Prof. Ketut Winaya, dan hadir pula anggota DPD RI, Gede Pasek Suardika dan Gusti Ngurah Arya Vedakarna, Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry. Sementara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam sambutannya selaku tuan rumah menyatakan, peresmian STAH Negeri Mpu Kuturan ini merupakan kado HUT ke-412 Kota Singaraja.
 Perlu diketahui, Mpu Kuturan yang menjadi nama STAH Negeri di Singaraja merupakan salah satu dari Panca Pandita yangtiba di Bali pada hari Rabu Kliwon wuku Pahang, maduraksa (tanggal ping 6), candra sengkala agni suku babahan atau tahun caka 923 (1001M) yang berkaitan dengan Siwa Budda yang ada di Bali, selanjutnya berparhyangan di Pura Silayukti. Padangbai, Karangasem.
 Nota kami: Di Indonesia telah ada empat perguruan tinggi Hindu, y.i. Universitas Hindu Indonesia (UNHI) di Denpasar, Bali (dahulu bernama Institut Hindu Dharma), Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar di Denpasar dan Bangli, Bali, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram (STAHN Gde Pudja Mataram) di Mataram, Lombok, dan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STAHN-TP) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN PUTIH UANG GHAIB

    BalasHapus