Markus Solo SVD, pastor Indonesia pertama pimpin Misa bahasa Latin ‘live’ dari Radio Vatikan

Tepat pukul 12.30 WIB, atau 7.30 waktu Roma, terdengar bunyi lonceng berdentang dan pengumuman dalam berbagai bahasa bahwa Radio Vatikan akan menyiarkan Misa dalam bahasa Latin yang diikuti dengan lagu Salam Maria dalam bahasa Latin, karena Misa hari itu memperingati Pesta Santa Perawan Maria Bunda Gereja.

Dan terdengarlah suara seorang imam asal Indonesia memulai Misa itu dalam Bahasa Latin, kecuali Bacaan Pertama yang dibacakan dalam Bahasa Inggris. Misa itu berakhir tepat pukul 13.00, namun ternyata Pastor Markus Solo SVD yang merayakan Misa itu akan memimpin Misa itu selama seminggu.
Misa itu bisa diikuti lewat link vaticannews.va dengan mengklik mikrofon pada baris kedua di web itu atau tepat di atas gambar utamanya.
"Setelah Misa pertama itu, banyak orang mengirim pesan kepada saya dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi. Walaupun Konsili Vatikan II sudah mengubah bahasa Liturgi, tetapi Paus sendiri sampai saat ini, kadang masih merayakan Misa publik dalam bahasa Latin, oleh karena karakter perayaan tertentu yang lebih сосоk dengan bahasa asli, atau karena nilai historis perayaan itu," kata Pastor Markus kepada penakatolik.com seusai Misa itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar