100 Tahun Injil Masuk Sultra Dirayakan

Peringatan 100 tahun Injil masuk di jazirah Sulawesi Tenggara (Sultra) dibuka sejak 6 Februari tahun ini, di Lembah Mowewe, Kolaka Timur (Koltim). Kini berbagai kegiatan menyemarakkan pesta iman umat Kristiani tersebut terus berlangsung, Mulai dari Festival Musik Gerejawi, pameran dan bakti sosial. Berlandaskan pada laman sultra.kemenag.go.id, acara puncak “Jubelium” yang dikemas dalam Ibadah Raya berlangsung pada 13 Februari dengan dihadiri Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Sultra, H. Nur Alam serta para tokoh lintas agama termasuk gereja mitra. Juara Indonesian Idol, Nowela Elizabeth Auparay juga dipastikan hadir memberi hiburan pada umat yang hadir.
 Sebelumnya, dalam pembukaan Jubelium 100 tahun Injil masuk di Sultra, pihak panitia, Junson Sidupa dalam laporannya menjelaskan, Mowewe memang merupakan titik awal pekabaran Injil di Bumi Anoa Sultra dipelopori seorang berkebangsaan Belanda bernama DS. Hendrik Van Der Klift dalam misinya pertama kali ke Kolaka pada tahun 1915. Pembaptisan pertama pun dilakukan pada tahun 1916 di Lembah Mowewe pada Petrus Wongga hingga kemudian disusul Lama Tungga, Tabeke dan Korihi beserta anak mereka. Selain pekabaran Injil, dalam misinya, H. Van Der Klift dan
istrinya, A.G. Van Der Klift Sniyer juga meletakkan dasar pelayanan kesehatan dan pendidikan modern pada masyarakat saat itu.
 Ketua Sinode Gereja Protestan di Sulawesi Tenggara (Gepsultra), Pendeta Adrie O. Massie, S.Th pada kesempatan itu juga tak lupa memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasih pada berbagai pihak, termasuk dukungan besar pemerintah Kabupaten Koltim dan masyarakat dalam mendukung terlaksananya kegiatan Jubelium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar