Perayaan Jubileum 100 Tahun Gereja Kristen Protestan di Mentawai

Gereja Kristen Protestan di Mentawai (GKPM), sebuah Sinode gereja (beraliran Lutheran, - nota oleh Dr. Igor Popov) dengan 35.000 warga jemaatnya, dan dilayani 45 para Pendeta, yang terletak di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (9/7) bersukacita merayakan 100 tahun GKPM dalam sebuah kebaktian raya, memberitahu laman pgi.or.id. Kebaktian Raya dilaksanakan di Komplek Kantor Pusat GKPM yang dihadiri hampir 1500 warga jemaat dari Pulau Siberut, Pulau Sipora dan Pulau Pagai Utara Selatan. Pelayan Firman dilayani Ketua UEM Reg. Asia Pdt. DR. M. Barus, serta tamu khusus dari Jerman.
 Menilik sejarahnya, pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 1916, sebanyak 11 orang dari 2 keluarga, Almarhum Jagomandi Samaloisa dan Almarhum Pomanyang Sakerebau menerima babtisan kudus. Momen tersebut disepakati sebagai hari lahirnya GKPM. Tahun 1901, seorang Misionaris Jerman, Pdt. August Lett, sebenarnya sudah hadir di Kep. Mentawai, namun dalam tugas penginjilan, dia terbunuh oleh warga Mentawai di Talo’pulei tahun 1909. Kemudian, Pdt. August Lett dilanjutkan oleh Pdt. F. Borger. Hampir 16 tahun lamanya tugas penginjilan, baru ada yang bersedia dibabtis.
 Sebelum acara puncak hari ini, telah dilakukan berbagai kegiatan, diantaranya, sayembara koor, ziarah, dan peletakan batu pertama Pembangunan Kantor Pusat GKPM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar