Sejuta Umat Hindu Gelar Peribadatan di Pura Semeru Jawa

Disokogurui oleh laman Tempo.co, sebanyak 1 juta umat Hindu dari Jawa dan Bali diperkirakan bakal berkunjung ke Kabupaten Lumajang selama peringatan Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung sejak pertengahan bulan hingga akhir Juli mendatang. Secara bergiliran, umat Hindu dari kabupaten dan kota di Jawa Timur dan Bali melakukan ritual persembahyangan di pura yang berada di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, itu.
 Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lumajang Edi Sumianta mengatakan agenda Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka ulang tahun pura terbesar di Jawa Timur tersebut. Edi mengatakan acara Piodalan ini telah mulai digelar sejak Senin, 19 Juli 2016, dan penutupannya pada Sabtu, 30 Juli mendatang. Edi mengatakan kegiatan ritual persembahyangan dilakukan setiap hari, bergiliran. "Ritual persembahyangan dilakukan oleh umat Hindu dari kabupaten dan kota di Bali dan kabupaten kota di Jawa Timur," tuturnya. Ritual persembahyangan dilakukan sejak pagi hingga malam. Pura akan semakin ramai pada sore hingga malam hari. Edi mengatakan, selama kegiatan pada 19-30 Juli, diperkirakan kurang-lebih 1 juta umat Hindu datang dari seluruh Jawa Timur dan Bali. Bahkan, menurut rencana, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika bakal datang pada 28 Juli 2016. "Bupati dan wali kota di Bali juga akan datang untuk mengikuti ritual persembahyangan di Pura Mandara Giri Semeru Agung. Wali kota Denpasar besok," ucapnya.
 Ratusan ribu umat Hindu yang berkunjung ke Lumajang menimbulkan multiplier effect berlipat bagi roda perekonomian di Kecamatan Senduro secara khusus dan Kabupaten Lumajang secara umum. Hotel-hotel dan homestay, baik di Senduro maupun di Lumajang, penuh dengan umat Hindu yang datang ke pura. Kepala Kepolisian Sektor Senduro Ajun Komisaris Jaman mengatakan pihaknya ikut melakukan pengamanan kegiatan Piodalan ini. "Sebanyak 36 personel kepolisian turut melakukan pengamanan dan penjagaan di sekitar pura," kata Jaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar