Ketua baru Parisada Hindu Dharma Indonesia

Sidang dalam rangka Mahasabha XI Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) sempat berlangsung alot pada Minggu (23/10/2016). Berdasar ungkapan-ungkapan di laman baliberkarya.com, perdebatan sengit terjadi di hari ketiga, yang memasuki agenda usulan bakal calon Ketua Sabha Pandita (Dharma Adyaksa), Ketua Sabha Walaka dan Ketua Pengurus Harian Pusat PHDI masa bakti 2016-2021.
  “Tadi sempat alot dan memanas saat pembahasan usulan kepengurusan, terutama mengenai nama calon Dharma Adyaksa PHDI,” ujar sumber yang mengikuti Mahasabha XI yang digelar di Hotel Utami Jl. Raya Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (23/10/2016). Saat ditemui di lokasi acara, sumber ini mengungkapkan bahwa ketika seorang peserta menyebut jelas nama bakal calon Ketua Sabha Pandita, ada peserta lainnya tak terima sembari berujar,”Jangan sebut nama,” kata sumber tersebut menirukan teriakan seorang peserta mahasabha. Tidak hanya walaka, para sulinggih pun turut berbeda pendapat. Saat jeda rapat komisi, sejumlah peserta mahasabha tampak berkumpul di sejumlah titik. Obrolan mengenai alotnya rapat tak berhenti. Mereka membahas ihwal bagaimana panasnya rapat paripurna dan rapat komisi. Tim keamanan yang memakai kaus bertuliskan pecalang di dada bagian kanan harus turun tangan. “Ada juga yang sampai dilerai pecalang yang bertugas,” kata sumber tersebut. Kendati demikian, acara berjalan dengan aman dan lancar. Perbedaan pendapat tersebut tak sampai membuat suasana gaduh.
 Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya terpilih sebagai Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Selain memilih Wisnu yang pernah menjabat Pangdam IX/Udayana, Mahasabha juga memilih Nengah Dana sebagai Ketua Sabha Walaka PHDI. Salah satu panitia Mahasabha XI AKP I Made Sukama mengatakan sebelum pemilihan Wisnu, ada lima calon Ketum PHDI. Mereka adalah KS Arsana SPsi, Drs Erlangga Mantik, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia dan Kolonel Inf (Purn) I Nengah Dana. Sebelumnya Sang Nyoman Suwisma yang Ketua Pengurus Harian PHDI Pusat periode 2011-2016, mengaku tidak akan mencalonkan diri kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar