Rumah Baru Tahap Satu Yayasan Buddha Tzu Chi di Jagabita

“Terima kasih Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, sekarang rumah saya sudah bagus dan siap dihuni,” ungkap Agus Eni, salah satu warga Kampung Pabuaran, Desa Jagabita, Parung Panjang yang rumahnya dibedah oleh Tzu Chi. Kebahagiaan Agus juga mewakili sepuluh orang warga Jagabita lainnya yang menerima kunci dalam kegiatan serah terima kunci bedah rumah tahap satu Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Minggu, 2 Oktober 2016, seperti diberitakan di laman tzuchi.or.id (Yayasan Buddha Tzu Chi adalah wadah amal keagamaan yang berpusat di Taiwan mengikuti ajaran Buddha Mahayana Kemanusiaan (Humanistic Buddhism), y.i. mengarah ke pemeliharaan orang hidup, persamaan hak kaum wanita dan pria dan kurang upacara pada kaum mati dan meditasi. - Catatan oleh Dr. Igor Popov).
 Kegiatan yang didampingi oleh para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Tangerang ini berlangsung di kantor Balai Desa Jagabita. Salah satu relawan Tzu Chi Tangerang, Ong Hok Cun (Acun) menjelaskan bahwa kegiatan serah terima kunci ini merupakan akhir dari program bedah rumah tahap satu yang ditujukan bagi 11 rumah di Desa Jagabita yang dibedah sejak 23 Juli 2016 lalu. “Kegiatan hari ini adalah serah terima kunci dari 11 rumah yang dibedah pada tahap satu di desa Jagabita setelah 3 bulan pengerjaan,” ungkap Acun. Ia juga berharap bahwa warga yang dibedah rumahnya bisa tinggal dengan layak di rumah yang baru dan lebih mandiri supaya ekonominya bisa meningkat. Kegiatan serah terima kunci bedah rumah tahap pertama di Desa Jagabita ini juga dihadiri oleh aparatur desa Jagabita, TNI, dan Kepolisian setempat yang ikut menyaksikan kegiatan. Awaludin, Sekertaris Desa Jagabita yang menjadi perwakilan dari pemda setempat dalam kegiatan ini mengapresiasi acara serah terima kunci bedah rumah tahap pertama di Desa Jagabita. “Kami atas nama aparatur Desa Jagabita merasa terbantu dengan adanya bantuan di Kabupaten Bogor diprioritaskan untuk bedah rumah,” ungkapnya. Awaludin juga merasa bantuan yang diberikan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tepat sasaran yaitu kepada warga yang secara ekonomi kurang mampu. Ia juga berharap warga yang sudah dibantu bisa fokus mencari nafkah dan menyekolahkan anak-anak mereka di masa depan. Setelah selesai kegiatan di Balai Desa Jagabita, para relawan Tzu Chi Tangerang kemudian membentuk barisan untuk mendampingi para penerima bantuan menuju rumah mereka masing-masing. Para relawan Tzu Chi Tangerang juga membawa onde-onde dengan gula merah dan putih yang melambangkan hubungan erat serta jalinan jodoh, serta telur merah yang memiliki makna bersemangat untuk menjaga keutuhan yang akan diserahkan kepada 11 warga yang rumahnya telah selesai dibedah.
 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga sudah mulai melaksanakan bedah rumah tahap ke dua yang berjumlah 10 rumah di Kampung Pabuaran, Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor yang dimulai dilaksanakan pada tanggal 26 September 2016. Program bedah rumah ini merupakan salah satu usaha untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar